PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nadira Sekar Chasni, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline. Media pembelajaran ini di kembangkan untuk menambah variasi dan juga untuk memudahkan dalam proses pembelajaran jarak jauh agar membuat siswa lebih tertarik saat pembelajaran berlangsung.Penelitian ini dikembangkan denganmenggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap pengembangan 1) Analysis (analisis, 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline ini telah melalui tahap pengembangan salah satunya validasi yang dilakukan oleh ahli dibidang tersebut nilai yang didapatkan ahli media sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, untuk ahli materi sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, dan untuk ahli Bahasa sebesar 92,5% dengan kategori “sangat baik”. Selain melalui tahap uji ahli, Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline juga diimplementasikan pada siswa samapi tahap Small Group. Pada tahap evaluasi Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline termasuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas IV sekolah dasar. This research aims to develop learning media based on Articulate Storyline. This learning media was developed to add variety and also to facilitate the online learning process so that students are more interested when online learning. This research was developed using the ADDIE development model with the stages of development 1) Analysis (analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluate. This Articulated Storyline- Based Learning Media has gone through a development stage, one of which is validation carried out by experts in their fields, the score obtained by media experts is 100% in the "very good" category, for material experts 100% in the "very good" category, and Language 92.5% in the “very good” category. In addition to going through the expert test stage, Articulated Storyline-Based Learning Media is also applied to students up to the Small Group stage. At the evaluation stage, Articulate Storyline-Based Learning Media is included in the very good category. This shows that the Articulate Storyline-Based Learning Media is feasible to be used as a learning medium in the fourth grade of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M. Pd ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11947 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:17
Last Modified: 15 Sep 2021 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item View Item