PENGARUH KELEKATAN DAN REGULASI DIRI TERHADAP HARGA DIRI MELALUI KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 8 TAHUN

RINA SYAFRIDA, . (2021) PENGARUH KELEKATAN DAN REGULASI DIRI TERHADAP HARGA DIRI MELALUI KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 8 TAHUN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (679kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelekatan dan regulasi diri terhadap harga diri melalui keterampilan sosial pada anak usia 8 tahun di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama delapan bulan mulai dari persiapan, penyebaran angket pada setiap sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan Teknik analisis jalur. Berdasarkan pengolahan data pada hasil penelitian, maka ditemukan beberapa pengaruh baik pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh langsung positif kelekatan terhadap harga diri, artinya anak yang memiliki kelekatan yang aman dengan orangtuanya akan memiliki harga diri yang tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak lekat dengan orangtuanya. 2) Terdapat pengaruh langsung positif regulasi diri terhadap harga diri, berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa harga diri dipengaruhi secara langsung positif oleh regulasi diri. 3) Terdapat pengaruh langsung positif keterampilan sosial terhadap harga diri, meningkatnya keterampilan sosial akan mengakibatkan peningkatan harga diri. 4) Terdapat pengaruh langsung positif kelekatan terhadap keterampilan sosial, meningkatnya kelekatan aman akan mengakibatkan peningkatan keterampilan sosial. 5) Terdapat pengaruh langsung positif regulasi diri terhadap keterampilan sosial, meningkatnya regulasi diri akan mengakibatkan meningkatnya keterampilan sosial. 6) Terdapat pengaruh langsung positif kelekatan terhadap regulasi diri, meningkatnya kelekatan aman akan mengakibatkan peningkatan pengaturan diri. 7) Terdapat pengaruh tidak langsung kelekatan terhadap harga diri melalui keterampilan sosial, 8) Terdapat pengaruh tidak langsung kelekatan terhadap harga diri melalui keterampilan sosial. Harga diri anak dipengaruhi secara langsung positif oleh kelekatan, dan regulasi diri melalui keterampilan sosial. Artinya dengan adanya keterampilan sosial sebagai variabel mediator semakin memberikan dampak positif terhadap tingginya harga diri anak.Analisis pengaruh tidak langsung terhadap harga diri anak, merujuk pada konstelasi penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung kelekatan terhadap harga diri melalui keterampilan sosial dan terdapat pengaruh tidak langsung regulasi diri terhadap harga diri melalui keterampilan sosial. Artinya harga diri anak dipengaruhi secara positif oleh kelekatan dan regulasi diri dengan hadirnya keterampilan sosial. Kata kunci : kelekatan, regulasi diri, harga diri, keterampilan sosial

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd. 2. Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10720 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 12:38
Last Modified: 30 Sep 2021 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item