PENGARUH METODE MEMBACA NYARING DALAM PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN

DINDA DWI UTARI, . (2021) PENGARUH METODE MEMBACA NYARING DALAM PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terkait pengaruh penggunaan metode membaca nyaring dalam peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan hambatan intelektual ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur yang menunjukkan hasil bahwa metode membaca nyaring dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan hambatan intelektual. Analisis dilakukan pada 8 artikel dan 5 buku dengan hasil yang didapat sebagai berikut: (1) Metode membaca nyaring mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan hambatan intelektual ringan, (2) pada analisis artikel, hasil yang didapat adalah metode membaca nyaring mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Sementara pada analisis buku, metode membaca nyaring tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tetapi juga mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa yang lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode membaca nyaring yang sesuai dengan tahapan dan berdasarkan hasil assesmen dapat meningkatan kemampuan membaca siswa dengan hambatan intelektual ringan. Dari penelitian ini juga diharapkan metode membaca nyaring dapat menjadi salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata kunci: membaca nyaring, membaca pemahaman, hambatan intelektual, tunagrahita. ******** Abstract This study aims to explore and collect information from various research source related to the effect of using reading aloud method in improving the reading comprehension for mild intellectual disability students. This research uses a qualitative approach with a literature study method and got the results that the reading aloud can improves reading comprehension of mild intellectual disability. The analysis was carried out on 8 articles and 5 books with the following results: (1) the reading aloud method can improve the reading comprehension abilitiy of mild intellectual disability, (2) in the analysis of articles, the results obtained were that the reading method can improve the reading comprehension abilitiy of mild intellectual disability. Meanwhile in the book analysis, the reading aloud method not only improves students reading comprehension skills but is also able to improve the other literacy skills. The conclusion of this study is that the use of reading aloud method in accordance with the conditions and stages can improve the reading comprehension of mild intellectual disability. From this reasearch, it is hoped that the reading aloud methods used to improve students reading comprehension skills. Keywords: reading aloud, reading comprehension, intellectual disability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Dr. Wuryani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 12953 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:24
Last Modified: 27 Sep 2021 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item View Item