ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DI SEKOLAH DASAR

MEGA CAHYANI PUTRI MUNGGARAN, . (2021) ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (387kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap toleransi siswa pada pembelajaran PPKn dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw II di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisi Miles dan Hubermen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian kualitatif pada saat pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan mengkaji sumber pustaka seperti buku, jurnal dan skripsi yang sesuai dengan masalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw II dapat meningkatkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran yang padat digunakan untuk meningkatkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar adalah dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw II. Untuk meningkatakan sikap toleransi siswa pada pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar, seharusnya pembelajaran PPKn di buat dengan kreatif, menarik. serta mengelompokkan siswa dalam kelompok yang heterogen dan bervariatifagar siswa merasa tidak mudah bosan dan sikap toleransi yang diharapkan bisa tertanamkan dengan baik yaitu dengan adanya pembelajaran kelompok yang heterogenpada saat pembelajaran. Kata Kunci: Sikap Toleransi, Cooperative Learning, Tipe Jigsaw II, PPKn ****** ABSTRACT This literature review research aims to determine the increase in student tolerance in Civic Learning by using the jigsaw II type of ooperative learning model in elementary school The research method is descriptive qualitative research method with Miles and Hubermen analysis model. There are three stages carried out in qualitative research namely data reduction, data serving nd drawing conclusions. This data collection technique uses observation and study form any literatiure review such as books, journals and theses according to the research object. The results showed that using the jigsaw II type of cooperative learning model could increase students' tolerance in learning Civics in elementary school. One of the solid learning models used to increase student interest on Civics Learning in elementary schools is using the jigsaw II type of cooperative learning model. To increase student tolerance in Civics Learning in elementary schools, Civics learning should be made creatively, interestingly and grouping students into heterogeneous and varied groups so that students do not feel bored so that olerance is expected to be well embedded, especially group learning. heterogeneous at the time of learning. Keywords: Tolerance Attitude, Cooperative Learning, Jigsaw II Type, Civics Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13023 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 09:48
Last Modified: 06 Oct 2021 09:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21064

Actions (login required)

View Item View Item