Zakia Machdi, . (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN TILAWAH DAN TAHFIZH PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Itqon Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Halaman Sampul Judul Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (81kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ_2015.pdf Download (460kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (121kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (146kB) |
|
Text
6. Abstrak dan Abstract Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (342kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (159kB) |
|
Text
8. Daftar Isi Skripsi Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ .pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Skripsi BAB I Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (329kB) |
|
Text
10. Skripsi BAB II Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
11. Skripsi BAB III Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
12. Skripsi BAB IV Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
13. Skripsi BAB V Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka Skripsi Zakia Machdi_PAI_FIS_UNJ.pdf Download (213kB) |
Abstract
Pembelajaran al-Qur’an dalam beberapa tahun belakangan ini semakin terlihat mendapat perhatian dari masyarakat. Banyak lembaga-lembaga yang didirikan untuk membantu kegiatan pembelajaran al-Qur’an. Saat ini, perkembangan lembaga pendidikan al-Qur’an atau pondok pesantren begitu pesat dan mempunyai beragam program dalam pembelajaran al-Qur’annya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait seperti apa program tahsin tilawah dan tahfizh di Pondok Pesantren Al-Qur’an AlItqon Bogor, bagaimana proses pelaksanaannya, dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program tersebut. Salah satu manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan teori tentang tahsin tilawah dan tahfizh menurut Ahmad Muzzamil MF (2018) yang mengatakan bahwa makna tahsin tilawah adalah upaya memperbaiki dan memperbagus bacaan al-Qur’an. Sementara menurut Ahmad Annuri (2010) makna tahsin tilawah adalah tidak hanya membaguskan membaca al-Qur’an akan tetapi yaitu dengan bacaan yang menjelaskan huruf-hurufnya dan berhati-hati dalam melaksanakan bacaannya, agar lebih mudah memahami makna yang terkandung di dalamnya. Sementara dikutip dari Saied Al-Makhtum, Al-Hafizh dan Yadi Iryadi, Al-Hafizh bahwa menghafal al-Qur’an membutuhkan niat yang ikhlas dan hendaknya kita tidak memiliki tendensi lain dalam menghafal. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan program tahsin tilawah dan tahfizh di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Itqon Bogor meliputi tahap persiapan, yaitu diadakannya kegiatan berupa tahsin tilawah alQur’an dan diadakan pembagian kelompok untuk para santri. Tahap pelaksanaan, menggunakan metode talaqqi serta tahap evaluasi, setiap akhir semester baik semester gasal maupun semester genap diadakan ujian tahsin tilawah dan tahfizh al-Qur’an. Hasil dari program ini cukup baik dan memuaskan dengan metode belajar yang digunakan adalah metode talaqqi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya santri yang telah bagus bacaan dan hafalan al-Qur’annya dan telah mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat nasional dan internasional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21195 |
Actions (login required)
View Item |