SENDI FIRMANSYAH, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN MEDIA PADA SD 12 SUMUR BATU JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
11. ISI SKRIPSI.pdf Download (558kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran servis bawah bola voli mini melalui media bola. Penelitian ini dilaksanakan di SD 12 Sumur Batu Jakarta kelas V, dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian selama 2 minggu, dimulai pada minggu ke 2 tanggal 18 Juli – 31 Juli 2019, dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali pertemuan, metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini melibatkan 2 orang yang ahli dalam bidang pendidikan jasmani khususnya cabang olahraga bola voli sebagai kolaborator. Penelitian ini menggunakan dua tahapan siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Standar ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah SD 12 Sumur Batu Jakarta untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah 70 (tujuh puluh). Perubahan dan peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran servis bawah bola voli mini variasi media bola dapat dilihat pada hasil penilaian proses dan final tes servis bawah bola voli mini. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal dinyatakan tuntas sejumlah 12 siswa (34,3%) dan pada tes akhir sejumlah 35 siswa (100%)., maka terdapat peningkatan sebesar 65,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variasi media bola dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini di SD 12 Sumur Batu Jakarta *********** This study aims to improve the ability of students in learning services under the mini volleyball through ball media. This research was conducted at SD 12 Sumur Batu Jakarta class V, conducted in the second semester of the 2019/2020 school year. The research carried out for 2 weeks, starting on the 2nd week of July 18 - July 31, 2019, held 4 (four) meetings, the method used was the Classroom Action Research method with quantitative data collection. In its implementation, this research involves 2 people who are experts in the field of physical education, especially the volleyball as a collaborator. This study uses two stages of the cycle, namely cycle I and cycle II and begins with initial observation activities. This research was conducted in conjunction with physical education learning in schools. The mastery learning standard set by the Sumur Batu Jakarta 12th Elementary School for Physical Education subjects is 70 (seventy). Changes and improvements in students' ability to learn under the mini volleyball service variations in the media of the ball can be seen in the results of the assessment process and the final under-mini volleyball service test. For completeness of student learning outcomes in the initial test was declared to be a total of 12 students (34.3%) and in the final test a total of 35 students (100%), then there was an increase of 65.7%. From the results of the study it can be concluded that the variation of media balls can improve learning outcomes under the mini volleyball service at SD 12 Sumur Batu Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Samsudin, M.Pd. ; 2). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Voli Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 00:56 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21298 |
Actions (login required)
View Item |