MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

ADI DWIE FEBRIANTORO, . (2019) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
10. BAB I baru.pdf

Download (179kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
12. BAB III baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
13. BAB IV fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
15. daftar pustaka baru.pdf

Download (170kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar yang terdiri dari 72 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket dan instrumen tes gerak dasar lompat jauh gaya jongkokuntuk mengumpulkan data siswa sekolah dasar. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji coba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes keterampilan lompat jauh gaya jongkokuntuk mengetahui keterampilan siswa sekolah dasar sebelum pemberian treatment berupa model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok yang dikembangkan dan untuk mengetahui keterampilan lompat jauh untuk siswa sekolah dasar setelah perlakuan model yang dikembangkan. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa sebesar 714, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran diperoleh nilai total sebesar 836. Maka model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmaniserta meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok untuk sekolah dasar(2) Dengan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan, diperoleh data efektifitas dan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar. ************ Purpose from this research and development is to produce learning model of basic moving jump far squat down style for student of primary school. Beside of it, this research and development is doing to get the deep information about development and application model of basic moving jump far squat down style for student of primary school and to know the effectiveness, efficiency and children attractiveness to the model that have made. This research and development using Research Development method (R&D) by Borg and Gall. The subject of this research is 72students of Primary School. The instrument that using in this research and development is quistionnaire and basic moving instrument of jump far squat down style to collect the data of Primary School students. The research and development stage is at step : (1) needs analithy (2) expert evaluation (first prodect evaluation) (3) limited trials (small group trials) (4) main trials(field testing). The model effectiveness test using skills of jump far squat down style test to know the skills of Primary School children before giving treatment of basic learning jump far squat down stylemodels that development and to know the jump far skills for children after the treatment of development models. From the beginning test that do, getting skills of jump far squat down children is 714,then after giving treatment learning models can get result 816. So, the learning basic moving jump far squat down style models to Primary School children. Based on result of development can concluded that : (1) with learning basic moving jump far squat down style models on Primary School children can developed and applied in learning of Physical Education and to improve jump far squat down style skills for Primary School children. (2) With learning models of basic moving jump far squat down style on Primary School children that have development, getting effectivity data and result learning of basic moving jump far squat down style on primary Schoolchildren

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.dr. James AP Tangkudung, Sport.Med,M.Pd. ; 2). Dr. Widiastuti, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 05 Nov 2021 09:32
Last Modified: 05 Nov 2021 09:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21344

Actions (login required)

View Item View Item