PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA DI BATAM

ADELINA CAROLIN PANE, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA DI BATAM. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (19kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
11.b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
11.c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
11.d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan powerpoint terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Tunas Baru Jin Seung Batam dan SMPS Visi Kudus Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII SMPS Tunas Baru Jin Seung Batam sebagai kelas eksperimen dan SMPS Visi Kudus Batam sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran CORE berbantuan powerpoint memberikan pengaruh yang positif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini telah terlihat dari kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran CORE berbantuan powerpoint lebih tinggi dibanding peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. 3) Pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan pemahaman matemati santara siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE berbantuan powerpoint dan konvensional. *********** This study aims to find out to determine the effect of applying CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) learning models assisted by powerpoint on mathematical communication skills in terms of early mathematical abilities. This research was carried out at Tunas Baru SMPS, Jin Seung Batam and Kudus Vision SMPS Batam. The research method used was quasi-experimental. The sample of this study was class VIII Tunas Baru SMPS Jin Seung Batam as an experimental class and Batam Kudus Kudus SMPS as a Control class. The results of this study are 1. The CORE learning model assisted with power points has a positive effect on improving students' mathematical communication skills. This has been seen from mathematical communication skills taught using CORE learning models assisted by power points higher than students who use conventional learning models. 2. There is an interaction between the learning model and the initial mathematical abilities of mathematical communication skills 3. In the group of students who have high initial mathematical abilities, there are significant differences in the students' mathematical comprehension skills taught by CORE-assisted and conventional learning models.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti S, M.Si. ; 2). Dr. Lukita Ambarwati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 05 Nov 2021 09:23
Last Modified: 05 Nov 2021 09:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item View Item