HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 JAKARTA

YUSTIA SITI KOMARIAH, . (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Jurnal Yustia.docx

Download (213kB)
[img] Text
Jurnal Yustia.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Skripsi YUSTIA SITI KOMARIAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi YUSTIA SITI KOMARIAH.docx

Download (64MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Jakarta selama dua bulan terhitung sejak bulan November sampai dengan Desember 2016. Hipotesis penelitian ini adalah: “Terdapat hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey melalui pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kelompok Bisnis dan Manajemen di SMK Negeri 3 Jakarta sebanyak 171 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel acak proposional sebanyak 115 sampel. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 79,86 + 0,357 X. Uji persyaratan analisis dilakukan sebelum pengujian hipotesis, yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dan uji linieritas regresi. Pengujian normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung < Ltabel (0,0781 < 0,08262), hal ini menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji linieritas regresi dilakukan dengan menggunakan Tabel Anova (Analisist of Varians) yang membandingkan hasil Fhitung dan Ftabel dan diperoleh Fhitung < Ftabel (1,14 < 1,55) artinya Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah linier. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji keberartian regresi, uji koefisien korelasi, uji keberartian koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Uji keberartian regresi dilakukan dengan menggunakan Tabel Anova (Analisist of Varians) dan diperoleh Fhitung > Ftabel (30,88 > 3,925) artinya Ho ditolak dan persamaan regresi yang diperoleh adalah berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy sebesar 0,46330. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Jakarta dan termasuk pada kategori hubungan yang sedang. Uji keberartian koefisien korelasi menggunakan Uji-t diperoleh thitung > ttabel (5,56 > 1,98), Ho ditolak dan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu konsep diri dengan variabel Y yaitu komunikasi interpersonal. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 21,46% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y komunikasi interpersonal ditentukan oleh variabel X konsep diri sebesar 21,46%. This study aims to determine whether there is a relationship between self-concept and interpersonal communication students of class XI in SMK Negeri 3 Jakarta. This research was conducted at SMK Negeri 3 Jakarta for two months, starting from November to December 2016. The hypotheses are: "There is a relationship between self-concept with the interpersonal communication of the students". The method used is survey method with the quantitative approach. Affordable population in this study were students of class XI of Business and Management at SMK Negeri 3 Jakarta as many as 171 students. The sampling technique is random sampling techniques proportionately as much as 115 samples. The regression equation in this study is Ŷ = 79,86 + 0,357 X. Test requirements analysis performed prior to testing the hypothesis, that the normality test error estimated regression of Y on X and regression linearity test. Testing is done by using test normality Liliefors and obtained L count < L table (0,0781 < 0,08262), this suggests that the samples come from populations with normal distribution. Regression linearity test performed using ANOVA Table (Analisist of Variance) comparing the results obtained F count and Ftable and F count < F table (1,14 < 1,55) means that Ho is accepted and can be inferred that the regression equation is formed linear. Hypothesis testing is done by using a significance test of regression, correlation coefficient, correlation coefficient significance test, and test the coefficient of determination. Regression significance test performed using ANOVA Table (Analisist of Variance) and obtained F count > F table (30,88 > 3,925) means Ho rejected and the regression equation obtained is meaningless. The test results by using a correlation coefficient of Pearson product moment r xy values obtained by 0,46330. This means there is a positive relationship between self-concept and interpersonal communication students of class XI in SMK Negeri 3 Jakarta and included in the category of the relationship is. Significance test of correlation coefficient using t-test obtained t count > t table (5,56 > 1,98), Ho refused and showed a significant relationship between self-concept variable X is the variable Y is the interpersonal communication. The result of determination coefficient obtained 21,46% so it can be said that the variable Y is determined by the interpersonal communication of the student self-concept variable X 21,46%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, M.Si 2). Erika Takidah, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:52
Last Modified: 10 Nov 2021 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item