MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BERBASIS PERMAINAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

CHAIRUL UMAM RAMADHAN, . (2019) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BERBASIS PERMAINAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER TESIS .pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk sekolah menegah atas. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk sekolah menegah atas serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengikuti ekstrakulikuler futsal yang terdiri dari 20 siswa untuk uji kelompok kecil, 60 siswa untuk uji kelompok besar dan 40 siswa untuk uji efektifitas. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan passing futsal yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan passing futsal siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran keterampilan passing futsal yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan passing siswa adalah 6.42. Setelah diberikan perlakuan model pembelajar keterampilan passing didapatkan tingkat kemampuan passing siswa 10.18. Pada uji signifikan didapatkan mean= -3.750 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= -24.187 df=39 dan pvalue= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran keterampilan passing futsal. ********** The purpose of this research is to produce a model of learning a skill-based game futsal passing for high school. This research was conducted to obtain information on the development and application of learning a skill-based game to futsal passing school upper secondary as well as to find out the effectiveness of the resulting model. This research method using Research & Development (R&D) of Borg and Gall. The subjects in this study were high school students who follow the extracurricular futsal consisting of 20 students to test small groups, 60 students to test large groups and 39 students to test effectiveness.Stages in this study are: needs analysis, evaluation experts (evaluation of early product), the free trial of small groups, and large group test (field testing). Test the effectiveness of the model using a futsal passing skills test used to find out the level of ability of the passing futsal students before and after administering the treatment model of learning the skill of passing futsal developed. Initial tests conducted acquired ability level of students ' passing was 6,42. After being given the treatment models of learners the skills obtained by passing ability level of the students passing 10,18. In a significant test of the obtained mean = -3.750 shows the difference between the results of pre-test and the results of the test, the results of the post-t-count = -24.187 df = -39 and p-value = 0.00 < 0.05 means that significant difference between before and after the given treatment learning the skill of passing futsal.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Widiastuti, M.Pd. ; 2). Dr. Samsudin, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Nov 2021 07:35
Last Modified: 15 Nov 2021 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item