PESAN TEKS DAN GAMBAR DALAM FOTO JURNALISTIK (Kajian semiotik pada foto National Geographic)

FEBRIANA FRIZA, . (2019) PESAN TEKS DAN GAMBAR DALAM FOTO JURNALISTIK (Kajian semiotik pada foto National Geographic). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
10. a. BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
10. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
10. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
10. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
9. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana suatu foto jurnalistik dapat diketahui pesan teks dan gambar baik dilihat dari makna yang sebenarnya (denotatif) dan makna yang tersirat (konotatif). Dalam hal ini foto diambil dari media digital yaitu website National Geographic Internasional sebagai objeknya dengan caption berbahasa inggris. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif interpretative dengan menggunakan foto National Geographic. Agar dapat mengetahui pesan yang terkandung dalam foto-foto jurnalistik National Geographic, penulis menggunakan analisis semiotik Roland Barthes yaitu dengan melihat prosedur pembacaan foto secara konotatif dan denotative. Pembacaan foto secara konotatif dilihat dengan enam prosedur yaitu trick effect, pose, objek, fotogenia, estetisme dan sintaksis, sedangkan pesan denotative dapat dilihat secara tersirat penanda dan petandanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesesuaian pada pesan teks dan gambar dalam foto jurnalistik National Geographic dengan kajian semiotic. ****** The aim of this research to understand the purpose of denotative and connotative message. This research is an interpretative qualitative study using National Geographic photographs. In order to find contained of the message in National Geographic journalistic photography, the writer uses Roland Barthes's semiotic analysis by looking the procedures of reading photos in a connotative and denotative. The procedurs of connotative message in photo journalistic is seen by six procedures, that is trick effects, poses, objects, photogenia, estetism and syntax, while denotative messages can be seen by their signifie and signifier. The results of the analysis showed that photo and caption texts had similar perceptions when analyzed using semiotic analysis.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:28
Last Modified: 25 Nov 2021 04:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item