MODEL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

HERMAN, . (2019) MODEL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text
14 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran tolak peluru untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi penerapan model pembelajaran tolak peluru untuk siswa sekolah dasar serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang terdiri dari 60 siswa. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar (field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran tolak peluru. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan siswa adalah 8.4. Setelah diberikan perlakuan model pembelajaran tolak peluru didapatkan tingkat kemampuan 10.08. Pada uji signifikan perbedaan dengan SPSS 16 didapatkan mean= -1.6.38 menunjukkan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= -14.027 DF=59 dan p-value= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran tolak peluru. Dengan demikian model pembelajaran efektif untuk meningkatkan keterampilan tolak peluru untuk siswa sekolah dasar. ********* The aim for this research is to produce a product of a model of shot put learning for elementary school students. This research was conducted to be able to obtain information about the development and application of a bullet-grade learning model for elementary school students and to know the effectiveness of the resulting models. The study used the Research & Development (R&D) method of Borg and Gall. The subject of this study is an elementary school student consisting of 60 students. The stages in this study are: need analysis, expert evaluation (initial product evaluation), small group testing, and field test. Test the effectiveness of the model using a skill test used to determine the level of students ' ability before and after the treatment of developed bullet learning models. The initial test carried the student's proficiency level was 8.4. After the treatment of the bullet-proof model, the ability to gain 10.08. In significant tests the difference with SPSS 16 was obtained mean =-1.6.38 showed a difference in the pre-test result and post-test result, t-count =-14,027 DF = 59 and Pvalue = 0.00 < 0.05 which means there is a significant difference between before and after Given a bullet-learning model treatment. Thus the learning model is effective to improve bullet skills for elementary school students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hernawan, SE.,M.Pd. ; 2). Dr. Yasep Satia Karnawijaya, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:40
Last Modified: 10 Dec 2021 04:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21780

Actions (login required)

View Item View Item