Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Digital (Edmodo)

Mila Fifki Rohimah, . (2019) Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Digital (Edmodo). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran pendidikan agama islam, khususnya materi prinsip dan praktik ekonomi islam melalui media edmodo dengan SMA Negeri 21 Jakarta sebagai studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori dimensi proses berpikir Taksonomi Bloom yang kemudian disempurnakan oleh Anderson dan Krathwohl dan teori penyusunan soal HOTS oleh I Wayan Widana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang kemudian dikerucutkan menjadi 3D. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa kisi-kisi instrumen soal dan 15 butir soal HOTS berbentuk pilihan ganda. Kemudian instrumen soal divalidasi oleh ahli materi dengan presentase perolehan skor sebesar 95% yang berarti sangat valid. Selanjutnya peneliti melakukan uji coba produk melalui media edmodo untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Berdasarkan empat tahap uji kelayakan tersebut, terdapat dua butir soal yang tidak layak dan harus diperbaiki. Peneliti menyimpulkan kedua butir soal tersebut tidak layak atau harus diperbaiki dikarenakan konstruk soal yang tidak sesuai dengan kaidah penyusunan soal pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mushlihin, MA ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 05:30
Last Modified: 10 Dec 2021 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21782

Actions (login required)

View Item View Item