GRAMMATICAL ERRORS IN STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING A STUDY AT THE SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 3 JAKARTA

Azhar Baihaqi Darmawan, . (2019) GRAMMATICAL ERRORS IN STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING A STUDY AT THE SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (292kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (81kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (847kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (655kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
10a. BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
10b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
10c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
10d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
10e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Kesalahan Gramatikal dikenal sebagai bentuk yang tidak akurat, makna semantik, dan penggunaan. Setiap bahasa memiliki aturan tata bahasa yang berbeda tanpa kecuali. Dengan demikian, hal itu menyebabkan siswa berpotensi melakukan kesalahan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh siswa dalam penulisan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis isi sebagai desain. Partisipan penelitian dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas tujuh SMPN 3 Jakarta. Sumber data adalah dokumen tulisan deskriptif siswa. Peneliti menganalisis tiga teks dari setiap siswa. Total jumlah teks adalah 21 tulisan deskriptif. Peneliti mengklasifikasikan dan menganalisis berdasarkan jenis kesalahan tata bahasa yang dikemukakan oleh Azar (1989). Peneliti menemukan bahwa kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh siswa adalah Kapitalisasi 43 (51,8%), diikuti oleh Verb Tense 25 (30,1%), Mispronoun 3 (3,61%), Word Choice 6 (7,22%), Ejaan 2 (2,40%), Singularisasi 2 (2,40%), Urutan Kata 2 (2,40%), dan Tambahkan Kata 2 (2,40%). Dari hasil, kesalahan tata bahasa tertinggi dalam penulisan deskriptif siswa adalah Kapitalisasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan untuk mengatasi kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh siswa dalam penulisan deskriptif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hanip Pujiati ; 2). Nina Wanda Cassandra M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:13
Last Modified: 15 Dec 2021 04:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item View Item