PENGARUH PENGGUNAAN METODE TASK BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 9 BEKASI

DIAN PUTRI UTAMI, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TASK BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 9 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (36kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (340kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (61kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
12a. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
12b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
12c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
12d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12e. BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Task based learning terhadap kemampuan menulis bahasa Prancis pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Bekasi. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu metode Task based learning sebagai variabel X dan kemampuan menulis bahasa Prancis sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian Pre-experimental Design. Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan kepada siswa pada awal pertemuan (pretest) dan pada akhir pertemuan (posttest) setelah diberikan pengajaran dengan metode Task based learning. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t Paired Samples T-test. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan metode Task based learning terhadap kemampuan menulis bahasa Prancis pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Bekasi. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan program IBM SPSS 22 for windows. Dalam perhitungan tersebut, diperoleh hasil T-hitung adalah 7,887. Sedangkan, hasil T-tabel dengan n=31 adalah 2,040. Hal tersebut menunjukan bahwa T-hitung > T-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan metode Task based learning terhadap kemampuan menulis dalam bahasa Prancis diterima dan Ho yang menyatakan sebaliknya ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Subur Ismail, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2021 05:50
Last Modified: 18 Oct 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item