MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 13 JAKARTA

Dwi Juliani, . (2019) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. abstrak dan abstract.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (391kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (388kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (291kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
11. d. bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui metode ekspresi bebas. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena metode imitatif yang digunakan sebelumnya dalam kegiatan ekstrakulikuler tari di SMKN 13 Jakarta belum dapat mengahasilkan tari yang memiliki unsur kreatif, siswa hanya diminta untuk mengikuti gerakan pelatih. Pelatih tidak memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan ide yang mereka punya kedalam gerak tari. Untuk dapat meningkatkan kreativitas dalam seni tari diperlukannya penerapan metode belajar ekspresi bebas, agar siswa dapat menuangkan ide – ide mereka kedalam bentuk gerak tari sesuai dengan keinginan mereka dan menghasilkan tari yang mengandung aspek orisinalitas, fleksibilitas, elaborasi dan kelancaran. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara langsung, studi dokumen dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama dilakukan dalam 3 kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan dalam 2 pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan dengan menggunakan siklus penelitian Kemmis dan McTaggart yang tahapannya antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kondisi awal siswa berdasarkan hasil pretest yang dilakukan, siswa memiliki nilai rata – rata 2,1. Siklus 1 dengan nilai rata – rata 3,1 dan pada siklus 2 nilai rata – rata yang diperoleh adalah 4,1. Penerapan metode ekspresi bebas berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan 2 dikatakan bahwa dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler tari tradisional di SMKN 13 Jakarta sesuai dengan tujuan kegiatan ekstrakulikuler tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rahmida Setiawati, M.M ; 2). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd.,
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:36
Last Modified: 20 Dec 2021 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item View Item