DWIKY DHARMAWAN, . (2019) POLA RITMIK PAKEM KENDANG DALAM MUSIK IRINGAN TARI TOPENG ENDEL DI DESA SLARANG LOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (616kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (573kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (158kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text
11 a. BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
11 b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
11 c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
11 d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
11 e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pola ritmik pukulan kendang yang terbentuk pada ragam gerak Tari Topeng Endel serta menuliskan notasi pola ritmik dan mendokumentasikan dalam bentuk rekaman audio visual. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan tentang objek penelitian berdasarkan apa yang didapat dari sebuah wawancara, studi pustaka dan pengamatan langsung di lapangan atau dapat disebut observasi. Tempat penelitian ini berada di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2018 sampai dengan Januari 2019. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa pola ritmik kendang dalam tari topeng endel memiliki peranan yang sangat penting dalam kesinambungan hentakan gerak terutama pada 9(sembilan) gerakan lenjeh diantaranya, Lumaksono Keputren atau Lumaksono Entrak, Lontang atau Ngayun asto, Ukel Seak, Boneka Njeglong atau Ngembat tangan njeglong, Ukel Seak Nyenggo Ngisor Nduwur, Ukel Trap Jamang, Ukel seak pada, Miwir sampur, Engsot ulap-ulap kiwa tengen tengah. Pola ritmik yang terbentuk pun berbeda�beda antara gerakan satu dengan yang lain, dari semua perbedaan tersebut terdapat perbedaan yang sangat kontras nampak pada gerakan paling lenjeh yaitu gerakan engsotan dalam engsot ulap-ulap kiwa tengen tengah. Perbedaan yang menonjol itu muncul karena adanya pola ritmik bentuk pukulan kendang yang keluar hanya sekali dimainkan dari keseluruhan pertunjukan Tari Topeng Endel, bentuk pukulan itu adalah bentuk pukulan shud. Implikasi dari hasil penelitian terdapat dokumentasi notasi pola ritmik kendang yang diseseuaikan dengan bentuk pukulan sehingga dapat menjadi media pelestarian serta pembelajaran bagi sivitas akademika maupun khalayak umum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lucy Martiati Nasition., M.Pd ; 2). Gandung Joko Srimoko, S.Sn., M,Sn |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 02:57 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 02:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21893 |
Actions (login required)
View Item |