PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AKOMODASI PERHOTELAN SMK NEGERI 27 JAKARTA

LISTY RAMADANA TANJUNG, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AKOMODASI PERHOTELAN SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
02 ABSTRAK, 摘要, ABSTRACT.pdf

Download (376kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Mandarin, dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang efektif. Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble melatih siswa berpikir menyelesaikan dan menemukan jawaban yang tepat secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble siswa kelas X Akomodasi Perhotelan dan membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berpengaruh terhadap keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 27 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akomodasi Perhotelan 3 dan 4 yang berjumlah 72 siswa. Kelas X Akomodasi Perhotelan 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akomodasi Perhotelan 4 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil skor pretest dan posttest keterampilan membaca bahasa Mandarin. Setelah dilakukan pengujian menggunakan uji t-test sample independent diperoleh P�value sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi P-value < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 27 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aprilia Ruby Wikarti, M.A ; 2). Hasan, S.Sos., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 09:02
Last Modified: 28 Dec 2021 09:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22009

Actions (login required)

View Item View Item