Mayang Sekar Nila Krisna, . (2019) ICT COMPETENCIES PROFILE OF AN ENGLISH TEACHER (A Case Study in Vocational High School). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Halaman Depan.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (169kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (240kB) |
|
Text
5. Abstrak & Abstract.pdf Download (95kB) |
|
Text
6. Acknowledgment.pdf Download (88kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (60kB) |
|
Text
8. CHAPTER I Introduction.pdf Download (131kB) |
|
Text
9. CHAPTER II Literature Review.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text
10. CHAPTER III Methodology.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text
11. CHAPTER IV Finding & Discussion.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
12. CHAPTER V Conclusion & Recommendation.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (177kB) |
Abstract
Para guru di Indonesia disyaratkan untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran (Permendikbud No.16 tahun 2007). Persyaratan ini memang merupakan isu global dimana para pendidik diharuskan memiliki kompetensi teknologi informasi untuk menunjang profesionalismenya (ICT-CFT (2011), EPG (2013), Department of Education and Training, Western Australia (2006), Department of Science and Technology�National Research Council of the Philippines). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menggambarkan kompetensi TIK ideal bagi para pendidik dan kompetensi TIK aktual seorang guru Bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan. Metode kualitatif deskriptif dengan analisis isi terhadap dokumen referensi kompetensi TIK dilakukan untuk memaparkan kompetensi TIK ideal guru. Sedangkan wawancara, pengamatan dan analisis isi terhadap dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran digunakan untuk memotret kompetensi TIK aktual yang dimiliki oleh guru Bahasa Inggris di sebuah sekolah kejuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi TIK ideal guru Bahasa Inggris mencakup dua kategori yaitu memiliki pengetahuan terkait alat-alat dan applikasi TIK dan memiliki keterampilan memanfaatkan TIK untuk tugas profesionalisme; (2) sedangkan kompetensi aktual guru yang diteliti antara lain memiliki pengetahuan terhadap istilah dan fungsi dari sumber daya TIK, seperti Google, Gmail, Microsoft Office, SIS Curriculum Management, Youtube dan Laptop; menggunakan Microsoft Office dan laptop dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menggunakan berbagai sumber (Google, British Council, Youtube, Wikipedia, dan Slideshare) untuk membuat materi ajar Bahasa Inggris, menggunakan sumber daya TIK (Microsoft Office, Muslim Pro, Youtube, Kahoot, Instagram, Oxford online dictionary, laptop, projector, kabel HDMI dan Smartphone) dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan mengaplikasikan teknologi (Google form, Youtube, Whatsapp, Gmail dan audio) dalam penilaian siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Sumarni, M.Pd ; 2). Dra. R. Helena Damongilala, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 06:08 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 06:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22017 |
Actions (login required)
View Item |