ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA MANDARIN TINGKAT SMA DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 REVISI

MUHAMMAD GILANG FAJRIANTO, . (2019) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA MANDARIN TINGKAT SMA DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 REVISI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
5. ABSTRAK INDO MANDARIN INGGRIS.pdf

Download (189kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Materi dalam buku teks pelajaran merupakan komponen inti yang memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Pemaparan materi dalam buku teks didasarkan pada kurikulum yang berlaku agar bermakna, relevan dan sistematis. Penelitian ini bertujuan memaparkan kesesuaian antara materi tiga buku teks bahasa Mandarin dengan judul《华语》Huayu,《简学汉语》Jianxue Hanyu, dan《高级 汉语》Gaoji Hanyu dengan Kompetensi Dasar bahasa Mandarin tingkat SMA K13 Revisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah perumusan permasalahan, studi pustaka, pengumpulan data, klasifikasi data, analisis data, pemaparan hasil analisis data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa dari ketiga seri buku tersebut, buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《 高 级 汉 语 》 Gaoji Hanyu merupakan buku teks yang memiliki kesesuaian materi dengan Kompetensi Dasar K13 Revisi terbanyak, yaitu mencakup tujuh dari total delapan KD yang ada pada kelas X, tujuh dari total sepuluh KD yang ada pada kelas XI, dan empat dari total tujuh KD yang ada pada kelas XII. Total kesesuaian adalah 18 KD dari total 25 KD kelas X, XI, dan XII. Selain itu, buku teks pelajaran bahasa Mandarin《华语》Huayu menempati posisi kedua , yaitu mencakup enam dari total delapan KD yang ada pada kelas X, enak dari total sepuluh KD yang ada pada kelas XI, dan lima dari total tujuh KD yang ada pada kelas XII. Total kesesuaian adalah 17 KD dari total 25 KD. Sedangkan buku teks pelajaran bahasa Mandarin 《简学汉语》 Jianxue Hanyu menempati posisi terakhir, yaitu mencakup tiga dari total delapan KD yang ada pada kelas X, empat dari total sepuluh KD yang ada pada XI, dan lima dari total tujuh KD yang ada pada XII. Total kesesuaian adalah 12 KD dari total 25 KD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Andriani, S.S., M.TCSOL ; 2). Vanya Zelia, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:52
Last Modified: 05 Jan 2022 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22075

Actions (login required)

View Item View Item