CHARACTER BUILDING OF ETHICS IN UNDERGRADUATE ENGLISH CURRICULUM DOCUMENT

MU’MAN, . (2019) CHARACTER BUILDING OF ETHICS IN UNDERGRADUATE ENGLISH CURRICULUM DOCUMENT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
05. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (381kB)
[img] Text
07. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11. a. Bab 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
11. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
11. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
11. d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
11. e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
12. REFERENCES.pdf

Download (213kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pembanguanan karakter etika yang dimuat dalam dokumen kurikulum S-1 bahasa Inggris. Dokumen kurikulum adalah sebuah rencana, penerapan, evaluasi, aturan, dan administrasi program pendidikan yang berbentuk, tulisan, ucapan, deskripsi, atau arkeologi. Dokumen kurikulum yang dianalisa terdiri dari Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS)/silabus, materi pembelajaran, dan penilaian yang diambil dari tiga universitas – satu universitas dari Jakarta dan dua universitas lainnya dari Bandung. Penelitian ini menggunakan qualitative content analysis dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai etika seperti trustworthiness, respect, responsibility, fairness, caring, and citizenship dimuat dalam RPKPS/silabus, materi pembelajaran, dan penilaian di masing-masing universitas baik secara eksplisit maupun implisit dalam bentuk kata, frasa, dan klausa. Dalam RPKPS/sylabus, nilai-nilai etika dimuat dalam kompetensi dasar, pencapaian pembelajaran, dan kebijakan perkuliahan. Dalam materi pembelajaran, nilai-nilai etika dimuat dalam topik-topik dan isi pembelajaran, kemudian dalam penilaian nilai-nilai etika dihadirkan dalam kompetensi penilaian, kriteria penilaian dan bentuk penilaian, dan kebijakan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sri Sumarni, M. Pd ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M. Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Etika
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:56
Last Modified: 05 Jan 2022 07:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22082

Actions (login required)

View Item View Item