PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan)

FIRLY HANDAYANI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Firly Handayani 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal Firly Handayani.pdf

Download (169kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lenteng Agung Jakarta Selatan sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berbentuk tes pilihan ganda, kemudian dihitung normalitas data menggunakan Lilliefors dan homogenitas data menggunakan Fisher. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua data memiliki varian yang homogen. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=3.50 dan ttabel=1.69 dan taraf signifikan 0,05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd. ; 2). Dr. Muhammad Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 15:58
Last Modified: 16 Jan 2023 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item