MODEL LATIHAN KETERAMPILAN BOWLING CRICKET BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN

Edenyce Krismartini Eduard, . (2021) MODEL LATIHAN KETERAMPILAN BOWLING CRICKET BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan ketrampilan bowling cricket berbasis permainan dengan menguji efektivitas peningkatan keterampilan bowling pada anak usia 12-15 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak usia 12-15 tahun pada ekstrakulikuler cricket di Provinsi DKI Jakarta dan di Provinsi Jawa Tengah. Kajian dimulai dengan analisis data kebutuhan, perencanaan, pembuatan produk, pengujian, revisi dan produk akhir. Uji kelayakan model menghadirkan 3 pakar yang terdiri dari: 1 dosen ahli permainan, 1 dosen ahli cricket, dan 1 pelatih cricket nasional sehingga menghasilkan 15 model latihan ketetampilan bowling. Model uji efektivitas menggunakan keterampilan proses dan hasil bowling cricket. Uji parameter keterampilan bowling yang melibatkan 40 atlet usia 12-15 tahun pada ekstrakulikuler cricket di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Peningkatan keterampilan hasil bowling cricket menunjukkan signifikansi t hitung = 14,512, db = 39 dan p-value = 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan, rerata pre-test sebesar 2,23 lebih kecil dari rerata post-test sebesar 4,47. Peningkatan keterampilan proses bowling cricket menunjukkan signifikansi t hitung = 11,494, db = 39 dan p-value = 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan, rerata pre-test sebesar 89,13 lebih kecil dari rerata post-test sebesar 102,20. Dapat disimpulkan bahwa model latihan keterampilan bowling cricket berbasis permainan yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan bowling pada anak usia 12-15 tahun.*********************************The aim of this study is to produce a game-based cricket bowling skill exercise model by testing the effectiveness of improving bowling skills in children aged 12-15 years. The method used in this study is research and development from Borg and Gall by using 10 stages. The research subjects for group trials and effectiveness are (1) small group trials n at SD Negeri 15 Pagi Pondok Bambu, (2) large group trials at SMP Negeri 2 Kebakkramat, and (3) tests effectiveness at Karanganyar Cricket Club.The data collection technique used is the result of expert validation and effectiveness test through an assessment instrument with t-test statistical data analysis. The validity test used by expert justification test, presented 3 experts consisting of: 1 games lecturer, 1 cricket lecturer, and 1 national cricket coach. The final model is produced 15 bowling cricket skill exercise models. The effectiveness test model uses the skills results of cricket bowling. The improvement of bowling cricket skills results showed a significance of t count=14,512, db=39 and p-value=0.00<0.05, which means that there is a significant difference between before and after being given the training model treatment, the pre-test average was 2.23 smaller than the post-test average is 4.47. It can be concluded that the game-based cricket bowling skill training model developed is quite effective for improving bowling skills in children aged 12-15 years.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Widiastuti, M.Pd. ; 2). Dr. Johansyah Lubis, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 12345 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:18
Last Modified: 10 Jan 2022 07:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item View Item