Nafisa Adib Izzatul Ula, . (2019) PERAN GURU YANG BAIK DALAM FILM LES CHORISTES KARYA CHRISTOPHE BARRATIER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER.pdf Download (185kB) |
|
Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (342kB) |
|
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (121kB) |
|
Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (838kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (184kB) |
|
Text
06. DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
Text
07. a BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text
07. b BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
07. c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
07. d BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
Text
07. e BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru yang baik yang terdapat di dalam film Les Choristes karya Christophe Barratier. Gambaran tersebut terdiri dari 6 komponen yaitu (1) penseur (pemikir) ; (2) preneur des décisions (pengambil keputusan) ; (3) motivateur (motivator) ; (4) modèle (contoh) ; (5) médiateur (mediator) ; dan (6) entraîneur (pelatih). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran guru yang baik yang terdapat pada naskah film Les Choristes karya Christophe Barratier. Penelitian ini adalah suatu penelitian kualitatif deskriptif yang objek penelitiannya adalah film Les Choristes karya Christophe Barratier. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan simak dan catat (Sudaryanto 2015 : 203-206). Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan dialog yang berasal dari naskah film Les Choristes karya Christophe Barratier. Peneliti bertindak sebagai instrumen dengan membuat tabel analisis data berdasarkan teori peran guru yang baik. sebelum proses analisis dilakukan, data terlebih dahulu direduksi dengan menonton, mencatat dan menganalisis film Les Choristes karya Christophe Barratier kemudian, data tersebut disajikan dalam tabel analisis data yang diklarifikasikan sesuai peran guru yang baik yang dipaparkan. (Miles dan Hubermen (1992 : 16)). Hasil penelitian ini menunjukkan total keseluruhan terdapat 24 kalimat dalam dialog dan narasi yang mengambarkan peran guru yang baik, setiap 1 kalimat dapat mengandung dua atau tiga jenis peran guru yang baik. Sehingga apabila dirincikan dari peran guru yang baik dari yang terbanyak ditemukan adalah penseur (9 kalimat). Setelah itu peran guru yang baik sebagai preneur des décisions (5 kalimat) Selanjutnya, peran guru yang baik sebagai motivateur (4 kalimat). Lalu, peran guru yang baik sebagai médiateur (3 kalimat). Kemudian peran guru yang baik sebagai entraineur (2 kalimat). Selanjutnya adalah peran guru yang baik sebagi modèle (1 kalimat). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu tambahan bagi calon pendidik khususnya mahasiswa bahasa Prancis untuk mempersiapkan diri menjadi peran guru yang baik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Amalia Saleh, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Film, Sinema |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:33 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22121 |
Actions (login required)
View Item |