Sarah Azizah, . (2019) SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XII SMA NEGERI 44 BERDASARKAN ACUAN TAKSONOMI BLOOM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
02 ABSTRAK & RESUME.pdf Download (285kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (153kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (158kB) |
|
Text
05 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (123kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (105kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) |
|
Text
12 a BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
12 b BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text
12 c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
12 d BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
|
Text
12 e BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal tes pada UASBN mata pelajaran bahasa Prancis kelas XII di SMA Negeri 44 Jakarta, serta mengetahui prosentase tingkatan taksonomi Bloom revisi Anderson dalam domain kognitif. Terdapat enam tingkatan dalam taksonomi Bloom revisi domain proses kognitif yaitu (1) tingkat mengingat atau C1 ; (2) tingkat memahami atau C2 ; (3) tingkat mengaplikasikan atau C3 ; (4) tingkat menganalisis atau C4 ; (5) tingkat mengevaluasi atau C5 ; (6) dan tingkat membuat atau C6. Dalam tingkatan�tingkatan tersebut dibagi menjadi dua cakupan, yaitu cakupan berpikir tingkat rendah atau yang biasa disebut dengan LOTS (Lower Order Thinking Skills) yang terdiri dari tingkatan C1 – C3 (mengingat, memahami dan menerapkan) dan cakupan berpikir tingkat tinggi atau yang biasa disebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang terdiri dari tingkatan C4 – C6 (menganalisis, mengevaluasi dan membuat). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini berupa dokumentasi yaitu lembar soal tes pada UASBN mata pelajaran bahasa Prancis kelas XII di SMA Negeri 44 Jakarta tahun pelajaran 2017/2018, yang kemudian data dianalisis sesuai dengan tingkatan taksonomi Bloom dan dianalisis secara empirik. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analis data menurut Mason yang dibagi ke dalam tiga tahap, khususnya tahap klasifikasi data, mengkategorikan data dan menghitung tingkat prosentase dalam tingkatan Taksonomi Bloom. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis soal tes UASBN mata pelajaran bahasa Prancis di SMA Negeri 44 Jakarta didomanisi dengan tingkatan memahami (C2) dengan prosentase 92% (37 soal), selanjutnya pada tingkat mengingat (C1) dengan prosentase 5% (2 soal), lalu pada tingkat mengaplikasikan (C3) dengan prosentase 3% (1 soal). Sedangkan, pada tingkat menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan membuat (C6) prosentasenya 0% karena tidak ditemukan pada soal. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa soal tes UASBN mata pelajaran bahasa Prancis kelas XII di SMA Negeri 44 Jakarta tahun ajaran 2017/2018 masih tergolong dalam cakupan berpikir tingkat rendah (LOTS).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 09:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 09:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22197 |
Actions (login required)
View Item |