DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL CIBITUNG-CILINCING TERHADAP KEBERLANJUTAN SOSIAL MASYARAKAT RW 6 DESA BUNI BAKTI KECAMATAN BABELAN KABUPATEN BEKASI

RIZKY FANI SYAHRAHMA, . (2021) DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL CIBITUNG-CILINCING TERHADAP KEBERLANJUTAN SOSIAL MASYARAKAT RW 6 DESA BUNI BAKTI KECAMATAN BABELAN KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan jalan tol Cibitung – Cilincing terhadap keberlanjutan sosial masyarakat RW 6 Desa Buni Bakti, Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Penelitian dilakukan pada akhir Februari sampai Maret 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan analisis SIA (Social Impact Assessment) yang berguna untuk menganalisis suatu dampak yang dirasakan masyarakat akibat adanya pembangunan, dilihat dari kondisi sebelum terjadinya pembangunan dan setelah terjadinya pembangunan dengan mengevaluasi keadaan sosial masyarakat yang saling berkaitan dengan keadaan ekonomi dan lingkungan biofisik yang nantinya dapat memperlihatkan keadaan keberlanjutan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak pembangunan jalan tol Cibitung – Cilincing membuat masyarakat Desa Buni Bakti mencari lahan permukiman baru. Warga yang pindah mengalami perubahan pada human capital yang meningkat dari keadaan sebelumnya karena ketersediaan sarana kesehatan semakin memadai. Kemudian perubahan yang menurun terjadi pada Social Capital, karena berkurangnya interaksi sesama warga setelah pindah ke tempat baru yang disebabkan oleh jarak antar rumah yang berjauhan. Selanjutnya Physical Capital yang menurun dikarenakan kondisi fisik seperti jalan tempat tinggal saat ini yang berbatu dan berkrikil. Lalu Financial Capital yang menurun karena terjadinya perubahan pendapatan yang berkurang dari keadaan sebelumnya. kemudian Natural Capital yang menurun karena keadaan udara yang dirasa lebih berdebu dan intensitas banjir lebih sering terjadi dibandingkan dengan sebelumnya. Kata Kunci: Jalan Tol, Pembebasan Lahan, Keberlanjutan sosial This study aims to determine the impact of the construction of the Cibitung – Cilincing toll road on the social sustainability of the people of Buni Bakti Village, Babelan District, Bekasi Regency. The research was conducted at the end of February to March 2021. The research method used in this research is descriptive quantitative, with SIA (Social Impact Assessment) analysis which is useful for analyzing an impact felt by the community due to development, seen from the conditions before the development and after the occurrence development by evaluating the social conditions of the community which are interrelated with economic conditions and the biophysical environment which can later show social sustainability results. The results showed that the impact of the construction of the Cibitung – Cilincing toll road made the people of Buni Bakti Village look for new residential land. Residents who move experience changes in human capital, which increases from the previous situation because the availability of health facilities is increasingly adequate. Then a downward change occurred in Social Capital, due to reduced interaction among residents after moving to a new place caused by the distance between houses that were far apart. Furthermore, Physical Capital decreased due to physical conditions such as the road where the current residence is rocky and gravel. Then Financial Capital which has decreased due to changes in income which is reduced from the previous situation. Then Natural Capital decreased due to the air condition which was felt to be more dusty and the intensity of flooding was more frequent than before. Keywords: Toll Road, Land Acquisition, Social Sustainability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aris Munandar, M.Si 2). Sony Nugratama Hijrawadi, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Ekologi sosial
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13112 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:18
Last Modified: 28 Jan 2022 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item