Tita Desyara, . (2019) DIGITAL LITERACY PROFILE OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS IN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER.pdf Download (84kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (713kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (688kB) |
|
Text
04. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (758kB) |
|
Text
05. ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
|
Text
06. ACKNOWLEDGMENT.pdf Download (89kB) |
|
Text
07. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (11kB) |
|
Text
08. CHAPTER I.pdf Download (105kB) |
|
Text
09. CHAPTER II.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text
10. CHAPTER III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
11. CHAPTER IV.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
12. CHAPTER V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (104kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi digital Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta dalam hal kegiatan mereka dalam menguasai disiplin sebagai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam belajar Bahasa Inggris dan literasi digital mereka secara umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode survei yang menggunakan dua instrumen, yaitu kuesioner dan wawancara. Kedua instrumen tersebut dibangun dengan mengadopsi Kerangka Kompetensi Literasi Digital UNESCO (2018) di mana telah dicoba untuk mengukur literasi digital di beberapa negara dan formulasi peneliti lain seperti Glister (1997) dan Hague dan Payton (2010). Subjek penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2015-2018 sebanyak 160 siswa. Wawancara ini digunakan untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang literasi digital dengan mewawancarai 15 siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dari tahun yang berbeda. Ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta sudah mengetahui kompetensi tertentu dalam literasi informasi dan data, komunikasi, keselamatan, dan penyelesaian masalah. Namun, para mahasiswa masih kurang memiliki kesadaran, keterlibatan dan kegiatan dalam pembuatan dan kolaborasi konten digital. Belum ada mahasiswa yang secara teratur membuat atau mengunggah konten bahasa Inggris sederhana atau konten umum lalu mengunggahnya ke media sosial atau media digital. Mereka sebagian besar hanya pernah membuat konten digital selama kehidupan kampus mereka untuk tujuan penugasan. Mereka masih dalam level pengguna, bukan pencipta. Selain itu, penggunaan media sosial dan internet hanya digunakan untuk berkomunikasi, bukan berkolaborasi dengan orang pada umumnya, misalnya dengan bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris tertentu atau tujuan komunitas sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hanip Pujiati, ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Transportasi |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 06:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 06:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22283 |
Actions (login required)
View Item |