YOHANES FRENKY UNTAYANA, . (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP MATA KULIAH KANJI II (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0. COVER.pdf Download (158kB) |
|
Text
03. Kata Pengantar.pdf Download (257kB) |
|
Text
04. Daftar Isi.pdf Download (275kB) |
|
Text
05. BAB I.pdf Download (611kB) |
|
Text
06. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
|
Text
07. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
|
Text
08. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
Text
09. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
|
Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (397kB) |
|
Text
Lembar Orisinalitas.pdf Download (303kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (294kB) |
|
Text
Lembar pernyataan.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran partisipatif saat diterapkan pada mata kuliah Kanji dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurang Model pembelajaran Partisipatif saat diterapkan pada mata kuliah Kanji II. Pada pembelajaran Kanji, terdapat beberapa kendala yang dialami Mahasiswa yaitu, menghafal kosakata kanji, menghafal kun-yomi dan on�yomi, dan penulisan kanji. Dikarenakan dalam tiap pertemuan huruf kanji yang diajarkan cukup banyak, mahasiswa merasa membutuhkan suatu metode pembelajaran baru untuk mengatasi kendala yang dihadapi pada mata kuliah Kanji. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memilih model pembelajaran Partisipatif karena peneliti ingin mengajak mahasiswa untuk mengaspirasikan dan menstimulus mahasiswa agar pembelajaran kanji yang diterapkan merupakan hasil kreatifitas mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain Pre experimental design one grup study bentuk pretest dan posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes, angket, dan wawancara bebas. Berdasarkan analisis data penelitian, hasil pengolahan uji efektivitas dengan pengolah data SPSS 20, diperoleh hasil thitung (-15,729) & Hasil Signifikansi (0,00) jadi H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa Model Partisipatif dinilai efektif dalam pembelajaran Kanji. Kelebihan dari sisi peneliti adalah Mahasiswa dapat menyumbangkan aspirasi mereka dalam pembelajaran yang akan dilakukan di kelas. Kelebihan dari sisi mahasiswa adalah mahasiswa merasa pembelajaran di kelas menjadi miliknya sendiri karena turut aktif berpartisipasi. Kekurangan dari sisi peneliti adalah waktu yang ditetapkan dan materi yang diajarkan tidak sebanding. Kekurangan dari sisi mahasiswa adalah Karena mahasiswa diberi kebebasan, metode yang digunakan oleh tiap kelompok sama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Frida Philiyanti, M.Pd. ; 2). Yuniarsih, M. Hum., M. Ed |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 07:31 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 07:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22328 |
Actions (login required)
View Item |