PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

NURHAYATI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK: Perkembangan teknologi semakin maju dan menguntungkan pada kehidupan manusia, termasuk pada dunia pendidikan. Hal tersebut akan berpeluang untuk memanfaatkan gawai sebagai media pembelajaran yang berbasis aplikasi pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran augmented reality (AR) yang layak digunakan siswa materi pencemaran lingkungan, (2) mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media pembelajaran AR materi pencemaran lingkungan, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran AR materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini research and development (R&D) dengan model dari Borg & Gall. Populasi penelitian kelas X IPA 1 berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol di SMA N 1 Bunguran Utara Kabupaten Natuna. Data hasil penelitian diananlisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji kolerasi serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran AR layak digunakan untuk siswa: (2) media pembelajaran AR yang dikembangkan belum meningkatkan berpikir kritis siswa: (3) terdapat peningkatan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran AR dengan kelas belajar menggunakan textbook. Kata Kunci : augmented reality, berpikir kritis, hasil belajar, media pembelajaran, pencemaran lingkungan ************ ABSTRACT: The development of technology is increasingly advanced and profitable in human life, including the world of education. This will be used to utilize the device as an application-based learning media in the learning process. Therefore, this study aims: (1) to develop augmented reality (AR) learning media that is suitable for students to use environmental pollution materials, (2) to find out the improvement in critical thinking after using environmental AR learning media, and (3) to find out the improvement in learning outcomes. Students after using AR learning media for environmental materials. This type of research is research and development (R&D) with a model from Borg & Gall. The research population for class X IPA 1 found 20 students as an experimental class, and X IPA 2 found 23 students as a control class at SMA N 1 Bunguran Utara, Natuna Regency. The research data were analyzed using normality test, homogeneity test, and hypothesis testing in correlation test and t-test. The results showed: (1) AR learning media was feasible for students to use: (2) AR learning media developed had not improved students' critical thinking: (3) increased learning outcomes between classes using AR learning media and learning classes using textbooks. Keywords: augmented reality, critical thinking, learning outcomes, learning media, environmental pollution

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M.Biomed. ; 2). Hanum Isfaeni, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13163 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:56
Last Modified: 05 Oct 2022 05:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item