PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP TARUNA TERPADU BOGOR)

UMI FATONAH, . (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP TARUNA TERPADU BOGOR). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Strategi pembelajaran (A) terdiri dari kelompok yang diberi perlakuan strategi Inquiry terbimbing (A1) sebagai kelas eksperimen, dan strategi ekspository interaktif (A2) sebagai kelas kontrol. Sedangkan motivasi belajar (B) terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok motivasi belajar tinggi (B1) dan kelompok motivasi belajar rendah (B2). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 di SMP Taruna Terpadu Bogor, dengan sampel penelitian sebanyak 32 peserta didik. Analisis data menggunakan varians (ANAVA) dua jalur dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inquiry terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi expository interaktif, (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (3) hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi ekspositori interaktif, (4) hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inquiry terbimbing lebih rendah dari yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran expository interaktif. This study aims to answer problems related to the strategy of the influence of learning and learning motivation on science learning outcomes. The learning strategy (A) consisted of a group that was treated with the guided inquiry strategy (A1) as the experimental class, and the interactive expository strategy (A2) as the control class. While the learning motivation (B) consists of two groups, namely the high learning motivation group (B1) and the low learning motivation group (B2). This study used a quasi-experimental method with a treatment by level 2x2 design at SMP Taruna Terpadu Bogor, with a research sample of 32 students. Data analysis used two-way variance (ANOVA) and Tukey's test. The results showed that (1) the science learning outcomes of students who were taught using guided inquiry learning strategies were higher than the science learning outcomes of students who were taught using interactive expository strategies, (2) there was an interaction between learning strategies and learning motivation on science learning outcomes. , (3) learning outcomes of students who have high learning motivation who are taught using guided inquiry learning strategies are higher than those taught using interactive expository strategies, (4) learning outcomes of students who have low learning motivation who are taught using inquiry learning strategies guided learning is lower than those taught using interactive expository learning strategies.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. ; 2). Dr. Priyono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13131 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:44
Last Modified: 20 Sep 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item