ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF ANAK DALAM FILM SAYOUNARA BOKUTACHI NO YOUCHIEN

SEKAR ADINDA REVIONA, . (2022) ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF ANAK DALAM FILM SAYOUNARA BOKUTACHI NO YOUCHIEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui jenis tindak tutur dan bentuk-bentuk tuturan ekspresif anak. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini ialah pendidikan moral atau doutoku kyouiku (道徳教育) yang sudah diajarkan sejak dini kepada anak-anak membuat mereka tidak dapat mengungkapkan ekspresi dengan lugas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Searle (1969) dan Wijana (1996) sebagai acuan mengenai jenis dan bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif yang merupakan jenis tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal serta tuturan ekspresif berterima kasih, tuturan ekspresif khawatir, tuturan ekspresif marah, tuturan ekspresif meminta maaf, tuturan ekspresif memuji, tuturan ekspresif mengkritik, tuturan ekspresif menyalahkan, tuturan ekspresif sedih, tuturan ekspresif senang, tuturan ekspresif takut. Hasil penelitian yang didapat dari analisis tindak tutur ekspresif anak dalam film Sayonara Bokutachi no Youchien ialah jenis tindak tutur langsung literal yang paling banyak digunakan oleh anak-anak. Berdasarkan hasil analisis 24 data diketahui bahwa terdapat tuturan ekspresif berterima kasih (1), tuturan ekspresif khawatir (2), tuturan ekspresif marah (3), tuturan ekspresif meminta maaf (3), tuturan ekspresif memuji (3), tuturan ekspresif mengkritik (5), tuturan ekspresif menyalahkan (1), tuturan ekspresif merasa bersalah (1), tuturan ekspresif sedih (2), tuturan ekspresif senang (2), tuturan ekspresif takut (1). Mengekspresikan perasaan tidak hanya dengan menggunakan bahasa verbal atau kata-kata, tetapi juga dapat menggunakan bahasa nonverbal seperti ekspresi wajah dan gerak tubuh. Bahasa nonverbal juga dapat menjadi indikator untuk menentukan tuturan ekspresif seperti yang terdapat dalam penelitian ini sebanyak sepuluh data. This study aims to determine the types of speech acts and forms of expressive speech of children. The background for this research is moral education or doutoku kyouiku (道徳教育) which has been taught from an early age to children, making them unable to express expressions straightforwardly. The theory used in this study is the theory of Searle (1969) and Wijana (1996) as a reference regarding the types and forms of expressive speech acts which are types of direct literal speech acts, indirect literal speech acts, direct non-literal speech acts, and indirect non-literal speech acts and expression of gratitude, worry, anger, apologize, praise, criticize, blaming, feeling guilty, sad, happy, and fear. The results obtained from the analysis are the types of direct literal speech acts that are mostly used by children. Based on the analysis of 24 data, it is known that there are expressions of gratitude (1), worry (2), anger (3), apologize (3), praise (3), criticize (5), blaming (1), feeling guilty (1), sad (2), happy (2), fear (1). As well as indicators of nonverbal language contained in this study as many as 10 data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. 2). Eky Kusuma Hapsari, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 13673 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2022 07:29
Last Modified: 18 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item