UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A BKB PAUD Melati Jatinegara Jakarta Timur)

Henny Herlina Pratiwi, . (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A BKB PAUD Melati Jatinegara Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Halaman Depan.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD Melati melaluipenggunaan media flashcard. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 1 siklus yang terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di Kelompok A BKB PAUD Melati sebanyak 8 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui teknik observasi berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan catatan dokumenatsi. Analisis presentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat E.Mills yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 71%. Analisis pada siklus 1 sudah mengalami peningkatan kemampuan berhitung sebesar 24,50% dari data awal saat pra penelitian yaitu 47,39% menjadi 71,87%. Berdasarkan presentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yasmin Faradiba,M.Pd 2) Indah Juniasih,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Dec 2019 09:45
Last Modified: 16 Dec 2019 09:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item