VIDEO PEMBELAJARAN DALAM YOUTUBE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI SMA TOPIK MEINE FAMILIE

GHEA RAKANDA HAMZAH, . (2022) VIDEO PEMBELAJARAN DALAM YOUTUBE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI SMA TOPIK MEINE FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi video pembelajaran dalam YouTube untuk membantu dalam pengajaran keterampilan berbahasa, tata bahasa, dan kosakata bahasa Jerman di SMA topik Meine Familie berdasarkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah video-video yang terdapat dalam situs YouTube yang memiliki topik Meine Familie dengan level bahasa A1. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan pada kurikulum 2013 bahasa Jerman, 42 video dalam YouTube yang dijadikan sebagai data penelitian bisa digunakan untuk membantu dalam pengajaran keempat keterampilan berbahasa, tata bahasa, dan kosakata bahasa Jerman topik Meine Familie. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa ke 42 video dalam YouTube yang menjadi data penelitian ini dapat digunakan sebagai media untuk pengajaran keterampilan berbahasa, tata bahasa dan kosakata bahasa Jerman topik Meine Familie. Untuk selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memudahkan guru dalam memilih media video dalam YouTube sebagai media pembelajaran dan bagi peneliti lain dapat dilakukan penelitian lanjutan tentang video dalam situs YouTube dengan topik yang berbeda. This research aims to identify learning videos. on YouTube to assist in the teaching of language skills, grammar, and German vocabulary in high school Topic my Familie based on the 2013 curriculum. This research is research descriptive qualitative by using library study techniques. Data in This research is a video contained on the YouTube site that have a meine familie topic with A1 language level. The results of the study show that, based on the 2013 curriculum, 42 videos on YouTube that are used as research data can be used to assist in the teaching of the four skills German language, grammar and vocabulary topics My Family. Through this research, it can be concluded that the 42 videos in YouTube which is the data for this research can be used as a media for teaching language skills, grammar and language vocabulary German topic My Family. Henceforth, the results of this study can be used to make it easier for teachers to choose video in YouTube as a learning medium and for other researchers can be done further research on the YouTube site with topics related to different.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Uryadi, M.Pd 2.) Dra. Santiah, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 13330 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 05:39
Last Modified: 09 Mar 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23257

Actions (login required)

View Item View Item