KARINA ALMIRA DEVITAMA, . (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN MENDESAIN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PLATFORM APLIKASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR (SD). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (946kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berjudul “Pengembangan Panduan Mendesain Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Aplikasi Bagi Guru Sekolah Dasar”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah panduan digital bagi guru SD untuk mendesain pembelajaran daring menggunakan platform aplikasi pembelajaran sebagai upaya untuk memfasilitasi dan membantu guru dalam mendesain pembelajaran daring menggunakan platform aplikasi tertentu yang tepat sesuai konsep dan ruang belajarnya. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi & memodifikasi model pengembangan produk yang dikemukakan oleh Rowntree. Dengan melalui tiga tahapan utama, yakni perencanaan, persiapan penulisan, penulisan & penyuntingan. Dimana pada tahap kedua langkah ke-7 merumuskan bentuk fisik tidak dilakukan. Evaluasi formatif yang dilakukan terdiri dari expert review, one to one, dan small group. Evaluasi ini melibatkan 1 ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, 2 guru one to one dan 5 guru untuk small group. Nilai yang diperoleh dari ahli materi adalah 3.73 (sangat baik), dari ahli desain pembelajaran memperoleh 3.83 (sangat baik), dan dari ahli media memperoleh 3.73 (sangat baik). Pada tahap one to one evaluations, nilai rata-rata yang diperoleh yakni 3.3 (sangat baik) dan small group memperoleh 3.74 (sangat baik). Berdasarkan dari hasil review ahli dan uji coba produk, panduan yang dikembangkan dianggap sangat baik dan sudah layak untuk digunakan memfasilitasi guru dalam merencanakan dan mendesain pembelajaran daring. This research is a development research entitled "Development of Guidelines for Designing Online Learning Using Application Platforms for Elementary School Teachers". This study aims to produce a digital guide for elementary school teachers to design online learning using a learning application platform as an effort to facilitate and assist teachers in designing online learning using certain application platforms that are appropriate to the concept and learning space. This development research adapts & modifies the product development model proposed by Rowntree. By going through three main stages, namely planning, preparation of writing, writing & editing. Where in the second stage the 7th step to formulate the physical form is not carried out. The formative evaluation carried out consisted of expert reviews, one to one, and small groups. This evaluation involves 1 material expert, media expert, and learning design expert, 2 one-to-one teachers and 5 teachers for small groups. The score obtained from the material expert is 3.73 (very good), from the learning design expert it is 3.83 (very good), and from the media expert it is 3.73 (very good). In the one to one evaluation stage, the average score obtained is 3.3 (very good) and the small group gets 3.74 (very good). Based on the results of expert reviews and product trials, the developed guide is considered very good and is feasible to be used to facilitate teachers in planning and designing online learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. ; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13220 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 06:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 06:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23405 |
Actions (login required)
View Item |