MEDIA POPBL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA

DINDA PERMATA SARI, . (2022) MEDIA POPBL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA,.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan proses belajar dari tatap muka menjadi daring tidak dapat dihindari. Sehingga, dibutuhkannya media pembelajaran yang memiliki efesiensi waktu dan mudah diakses oleh siswa dan guru. Selain itu, keterampilan siswa tetap menjadi perhatian bagi guru. Pengajaran yang menggabungkan bidang sains, matematika, teknologi, dan teknik menjadi salah satu yang sukses untuk mengembangkan keterampilan siswa. Berdasarkan observasi diketahui bahwa siswa memiliki hasil belajar rendah pada materi kesetimbangan benda tegar dan pembelajaran daring kurang menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan siswa. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain dan media Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) terintegrasi STEM yang layak digunakan untuk pembelajaran pada materi kesetimbangan benda tegar di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Define, Design, Develop, and Disseminate (4D). Instrumen yang digunakan adalah angket menggunakan skala likert. Media pembelajaran POPBL melalui tahap uji kelayakan oleh para ahli dengan hasil skor rata-rata sebesar 3,18 untuk materi, 3,15 untuk media, dan 3,10 untuk pembelajaran. Selanjutnya, media dilakukan uji coba pengguna dengan hasil skor rata-rata 3,27 oleh guru dan 3,27 oleh siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain dan media pembelajaran POPBL terintegrasi STEM layak digunakan untuk pembelajaran pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA. The changed of face-to-face learning process becoming online learning unavoidable. Thus, needs its own learning media for this online learning which are time efficient and easily accessible to students and teachers. However, the students’ skill remains becoming the attention for educators. The teaching which combines Science, Technology, Engineer, and Mathematics is one of which that successfully develops students’ skill. Based on the observation result, it was found that the students had low learning outcomes on rigid body equilibrium material and online learning lack of applying appropriate learning methods to develop student skills. The purpose of this research was to produce a design and STEM-Integrated Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) media which can be used on rigid body equilibrium at Senior High School. This research applied research and development method with Define, Design, Develop, and Disseminate (4D) model. The research results show that the average score of material expert is 3.18, media expert is 3.10, and learning experts is 3.08. Therefore, the media is feasible to be tested for its usage. The trial result by teachers and students obtained average score 3.28 and 3.27. Based on these results, it can be above that the design and STEM-integrated POPBL media is feasible to use for learning rigid body equilibrium material on senior high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. rer. nat Bambang Heru Iswanto, M.Si 2). Dr. Mutia Delina, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 13269 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:53
Last Modified: 07 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item