PENGEMBANGAN INSTRUMEN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

TITIK SURYANI, . (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (846kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menhasilkan instrumen kemampuan TPACK guru pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian ini adalah pengembangan instrumen dengan model ADDIE, sampel penelitian pada 1.011 guru di Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar melalui Google Form, instrumen TPACK hasil modifikasi terdiri dari 33 item untuk diujikan pada 3 orang ahli, 20 orang panelis, dan 1.011 guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian ahli menyatakan bahwa instrumen TPACK secara konstruk dalam kategori persetujuan substansial, sedangkan penilaian panelis menggunakan formula Aiken memiliki rentang validitas 0,65 sampai dengan 0,86 dalam kategori baik. Analisis lanjut dilakukan dengan CFA dari hasil responden guru, di mana konstruk yang dibangun dari 33 butir menjadi 29 butir berdasarkan kriteria penerimaan loading factor. Hasil analisis CFA dilanjutkan dengan Rasch diperoleh 27 butir valid berdasarkan kriteria MNSQ dengan nilai realiabiltas 0,86 setelah dilakukan koreksi atenuasi. Instrumen TPACK memiliki sifat unidimensi, penggunaan skala lima kategori respon yang efektif berdasarkan Andrich Threshold, dan fit item yang standar dengan kriteria MNSQ. Karakteristik instrumen TPACK lebih dominan pada pedagogi guru, sedangkan dimensi yang paling dominan pada Pedagogical Knowledge. Hal ini dapat terlihat pada responden yang cenderung mudah merespon butir B6. This study aims to produce a teacher's TPACK ability instrument in mathematics. This research method is the development of an instrument with the ADDIE model, the research sample is 1,011 teachers in Bogor Regency. The data collection technique used a questionnaire distributed via Google Form, the modified TPACK instrument consisted of 33 items to be tested on 3 experts, 20 panelists, and 1,011 mathematics teachers. The results of this study indicate that the expert's assessment states that the TPACK instrument construct is in the category of substantial agreement, while the panelist's assessment using the Aiken formula has a validity range of 0.65 to 0.86 in the good category. Further analysis was carried out with CFA from the results of teacher respondents, where the construct was built from 33 items to 29 items based on the loading factor acceptance criteria. The results of the CFA analysis followed by Rasch obtained 27 valid items based on the MNSQ criteria with a reliability value of 0.86 after attenuation correction was made. The TPACK instrument has a unidimensional nature, the use of a five-category effective response scale based on the Andrich Threshold, and standard item fit with the MNSQ criteria. The characteristics of the TPACK instrument are more dominant in teacher pedagogy, while the most dominant dimension is in Pedagogical Knowledge. This can be seen in respondents who tend to easily respond to item B6.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Dr.Ari Saptono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 13951 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:45
Last Modified: 09 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23716

Actions (login required)

View Item View Item