PENGEMBANGAN MEDIA SPELLING PUZZLE UNTUK MEMBANTU PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS

DIAH TRI PANGASTUTI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SPELLING PUZZLE UNTUK MEMBANTU PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (778kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat bermanfaat untuk guru dalam mempermudah proses pembelajaran bagi siswa autis terutama dalam mengenal kosakata kerja. Media ini dirancang dan dikembangkan sebagai sarana untuk membantu penguasaan kosakata pada anak autis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penilaian media dalam uji validasi telah dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli kekhususan autis. Hasil pemerolehan nilai dari uji validasi oleh ketiga ahli tersebut menunjukkan persentase nilai 90,6% dari ahli media, nilai 98,6% dari ahli materi, dan nilai 98,6% dari ahli kekhususan autis. Skor persentase dari ketiga ahli tersebut menunjukkan kelayakan media termasuk dalam kriteria sangat layak. Media ini diujicobakan kepada tiga orang siswa autis kelas IV di Sekolah Khusus YKDW 01 Tangerang. Hasil uji coba lapangan terhadap penggunaan media dilakukan pada tiga siswa autis, yaitu siswa autis antusias mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media dan siswa autis menjadi aktif selama pembelajaran berlangsung, serta siswa autis dapat fokus dan memahami materi kosakata kerja dengan baik. This innovative research aims to develop a learning media that can assist teachers in facilitating the learning process in children with autism, particularly in terms of verb vocabulary recognition. This media designed and developed as a means to help mastery vocabulary in children with autism. This research uses research and development methods with reference to the ADDIE development model. The media assessment in the validation test has been examined by three experts, namely media expert, material expert, and autism specialist. The results of the value obtained from the validation test by the three experts showed the percentage value of 90,6% from media experts, 98,6% from material experts, and 98,6% from autism specialist. The average value of media eligibility is included in the very feasible criteria. This media was tested on three students with autism in 4th grade at Special School YKDW 01 Tangerang. Field trials on the use of media were conducted on three students with autism and the result showed that students with autism were enthusiastic about participating in learning using media, that student with autism were able to focus and understand vocabulary well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.Ed.Ed.D ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14212 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:58
Last Modified: 11 Mar 2022 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item