HUBUNGAN ANTARA DISKON DAN SERVICESCAPE (LINGKUNGAN FISIK) DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMARET CIKARET PADA WARGA RW 012 PERUMAHAN PURI NIRWANA 2 KELURAHAN HARAPAN JAYA, KECAMATAN CIBINONG DI KABUPATEN BOGOR

RESTIA NUR RIZKY, . (2017) HUBUNGAN ANTARA DISKON DAN SERVICESCAPE (LINGKUNGAN FISIK) DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMARET CIKARET PADA WARGA RW 012 PERUMAHAN PURI NIRWANA 2 KELURAHAN HARAPAN JAYA, KECAMATAN CIBINONG DI KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi RESTIA NUR RIZKY.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di RW 012 Perumahan Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong Di Kabupaten Bogor, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara diskon dengan keputusan pembelian dan hubungan antara servicescape (lingkungan fisik) dengan keputusan pembelian Indomaret Cikaret Pada Warga RW 012 Perumahan Puri Nirwana 2 Kelurahan harapan Jaya, Kecamatan Cibinong di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga RW 012 Perumahan Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong di Kabupaten Bogor yang melakukan pembelian di Indomaret Cikaret. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 105 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 49,89 + 0,4864X1 dan Ŷ = 40,46 + 0,5875X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0578 untuk Y atas X1 dan Lhitung = 0,0714 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n = 105 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0864. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X1 dan Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu, 1,44 < 1,62 untuk X1 dan 1,28 < 1,62 untuk X2 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 49,49 > 3,91 untuk X1 dan 66,65 > 3,91 untuk X2, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,570 untuk X1 dan rxy = 0,627 untuk X2, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 7,035 untuk X1 dan thitung = 8,164 untuk X2 dan ttabel = 1,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,570 untuk X1 dan rxy = 0,627 untuk X2 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 32,45% yang menunjukan bahwa 32,45% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh diskon dan 39,29% yang menunjukan bahwa 39,29% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh servicescape (lingkungan fisik). This research was conducted in RW 012 Perumahan Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong Sub District in Kabupaten Bogor, for four months, starting from March 2017 to June 2017. The purpose of this study is to determine correlation between discount with purchase decision and correlation between servicescape with purchase decision Indomaret Cikaret On Citizen Association 012 Perumahan Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong Sub District In Kabupaten Bogor. The research method used is survey method with the correlational approach, population used are all Citizen Association 012 Perumahan Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong Sub District in Kabupaten Bogor who purchase at Indomaret Cikaret. The sampling technique used technique of purposive sampling as many as 105 people. The resulting regression equation is Ŷ = 49,89 + 0,4864X1 and Ŷ = 40,46 + 0,5875X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X with test Lilliefors produce Lcount = 0,0578 for Y on X1 and Lcount = 0,0714 for Y on X2, while Ltable for n =105 at 0,05 significant level is 0,0864. Because Lcount < Ltable the estimated error regression of Y over X normally distribution. Testing Linearity of regression produces Fcount < Ftable is 1,44 < 1,62 for X1 and 1,28 < 1,62 for X2, so it is concluded that the linear equation regression. Hypothesis testing from the significance regression produces Fcount > Ftable which,49,49 > 3,91 for X1 and 66,65 > 3,91 for X2, meaning that the regression equation is significant. Correlation coefficient of Pearson Product moment generating rxy = 0,570 for X1 and rxy = 0,627 for X2, than perfomed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 7,035 for X1 and tcount = 8,164 for X2 and ttable = 1,66. It can conclude that the correlation coefficient rxy = 0,570 for X1 and rxy = 0,627 for X2 is positive and significant. The coefficient of determination obtain for is 32,45% which show that 32,45% of the variant of purchase decision is determined by discount and 39,29% which show that 39,29% of the variant of purchase decision is determined by servicescape.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si 2) Ryna Parlyna, MBA
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:01
Last Modified: 09 Mar 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item