ANALISIS REGULASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

GILANG YULIANTO, . (2022) ANALISIS REGULASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh regulasi diri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas iv sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Menurut Zed menyatakan tahap kegiatan riset kepustakaan adalah sebagai berikut: (1) Menyiapkan alat perlengkapan; (2) Menyusun bibliografi kerja; (3) Mengatur waktu; (4) Membaca dan membuat catatan penelitian.. Metode pengumpulan data ini menggunakan metode observasional dan menelaah sumber kepustakaan seperti jurnal dan artikel yang berhubungan dengan pekerjaan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis deskriptif maupun komparatif studi Pustaka yang telah dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa regulasi diri siswa perlu di bangun karena proses regulasi diri penting sebagai salah satu bagian yang bermakna dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar. Kesimpulan tersebut diambil dari sumber data yang telah peneliti analisis menggunakan Teknik analisis Miles dan Huberman dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan data. Sehingga diperoleh sumber data yang dibutuhkan oleh peneliti. Dari kedelapan sumber data yang telah peneliti analisis, semua menyatakan bahwa regulasi diri dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.   This literature review study aims to obtain data on the effect of self-regulation on social studies learning outcomes for fourth grade elementary school students. This research is a descriptive qualitative research, namely the data collected in the form of words, pictures, not numbers. Researchers in this study used the literature study method. According to Zed, the stages of library research activities are as follows: (1) Preparing equipment; (2) Compiling a working bibliography; (3) Set the time; (4) Reading and making research notes. This data collection method uses observational methods and examines library sources such as journals and articles related to the work of researchers. The results showed that the descriptive and comparative analysis of the literature study that had been carried out by the researcher, concluded that student self-regulation needed to be developed because the self-regulation process is important as a meaningful part of learning social science in elementary schools. These conclusions are drawn from data sources that have been analyzed by researchers using the Miles and Huberman analysis technique by reducing data, presenting data, and drawing data conclusions. So that the sources of data needed by researchers are obtained. Of the eight data sources that the researchers analyzed, all stated that self-regulation could affect the learning outcomes of fourth grade elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M. E ; 2). Dr. Waluyo Hadi, M. Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14192 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:07
Last Modified: 10 Mar 2022 04:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24033

Actions (login required)

View Item View Item