MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR TANGKAP BERBASIS PERMAINAN PADA ANAK USIA 6 – 7 TAHUN

DIMAS TRISNA WIJAYA, . (2022) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR TANGKAP BERBASIS PERMAINAN PADA ANAK USIA 6 – 7 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis permainan pada anak usia 6-7 tahun dengan melakukan gerakan dasar melempar dan menangkap. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap berbasis permaianan pada anak usia 6-7 tahun. Dan mengetahui efektifitas, efisiensi dan minat dan kemampuan anak terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini merupakan anak yang berusia 6-7 tahun yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian model ini adalah ADDIE dan instrumen penilaian gerak dasar melempar dan menangkap pada anak usia 6-7 tahun untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis ; (2) desain; (3) pengembangan; (4) penerapan.(5) evaluasi, Uji efektifitas model menggunakan tes kemampuan gerak bagi anak uisia 6-7 tahun dengan melihat peningkatan kemampuan melempar dan menangkap sebelum diterapkannya model pembelajaran yang dibuat. Berdasarkan penelitian didapat, peningkatan hasil kemampuan gerak dasar melempar dan menangkap sebelum diterapkannya model pembelajaran total 40% dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran peneliti meningkat menjadi 60%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap untuk anak usia 6-7 tahun, anak dapat belajar secara aktif dan mendapat informasi gerakan yang sederhana namun bermanfaat dengan baik. (2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti desain, siswa dapat menstimuluskan gerakan serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. In general, the aim of this research and development is to produce a game-based learning model for children aged 6-7 years by performing basic throwing and catching movements. In addition, this study was conducted to obtain in-depth information about the application of game-based throwing and catching basic motion learning models for children aged 6-7 years. And knowing the effectiveness, efficiency and interest and ability of children to the model made. This research and development consists of 30 children aged 6-7 years. The instruments used in this research model are ADDIE and basic motion assessment instruments for throwing and catching children aged 6-7 years to collect data on the following stages: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation. (5) evaluation. Test the effectiveness of the model using a movement ability test for children aged 6-7 years by looking at the increase in throwing and catching abilities before the implementation of the learning model made. Based on the research, it was found that the increase in the results of the basic movement abilities of throwing and catching before the implementation of the learning model was a total of 40% and after being given treatment using the researcher's learning model increased to 60%. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) With the basic throwing and catching movement learning model for children aged 6-7 years, children can learn actively and get information on simple but useful movements. (2) With a learning model that has been designed by researchers, students can stimulate movement and be active in participating in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sujarwo M.Pd 2). Mastri Juniarto M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14391 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:45
Last Modified: 10 Mar 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24043

Actions (login required)

View Item View Item