MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE VAKT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB NEGERI TOBOALI

Jiilaan Arnista, . (2018) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE VAKT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB NEGERI TOBOALI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover dan halaman judul.pdf

Download (80kB)
[img] Text
3. lembar persetujuan.pdf

Download (849kB)
[img] Text
4. lembar orisinalitas.pdf

Download (909kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI .pdf

Download (192kB)
[img] Text
12. a. Bab I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
12. b. Bab II.pdf

Download (620kB)
[img] Text
12. c. Bab III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
12. d. Bab IV.pdf

Download (689kB)
[img] Text
12. e. Bab V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (186kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penguasaan kosakata melalui metode VAKT pada siswa tunarungu kelas 1 di SLB Negeri Toboali. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar penguasaan kosakata materi benda di sekitar. Subjek penelitian adalah siswa Tunarungu kelas 1 di SLB Negeri Toboali yang berjumlah 2 siswa. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model dari Mc Kernan yang terdiri dari tahap analisis situasi, perumusan dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi dan pengambilan keputusan untuk pengembangan selanjutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis dan pengamatan. Hasil yang didapat pada kemampuan awal menunjukkan bahwa kedua siswa tunarungu kelas 1 belum mencapai nilai yang diharapkan sebagai batas ketuntasan yaitu 60. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukan siklus I. dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I yaitu kedua siswa mengalami peningjkatan pada hasil nilai evaluasi, namun nilai yang diperoleh kedua siswa belum mencapai ketuntasan. Untuk itu dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu kedua siswa tunarungu kelas 1 mengalami peningkatan dalam hasil belajar penguasaan kosakata dan sudah mencapai niali ketuntasan. Diharapkan guru dapat menggunakan metode VAKT, karena dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa tunarungu kelas 1 di SLB Negeri Toboali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Murni Winarsih, M.Pd. 2) Riana Bagaskorowati, Ph.D.,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:45
Last Modified: 19 Dec 2019 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item