PENGEMBANGAN MEDIA JURNAL REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI PADA REMAJA

FILDZAH NADINE, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA JURNAL REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI PADA REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media jurnal refleksi mengenai kesadaran diri. Penelitian ini menggunakan model design-based research (DBR) yang terdiri dari tiga tahapan inti, yaitu analisis dan eksplorasi, desain dan konstruksi, serta evaluasi dan refleksi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap evaluasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 40 Jakarta Pusat dengan populasi kelas VIII berjumlah 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik nonpurposive sampling. Alat pengumpulan data berupa Inventori Tugas Perkembangan (ITP), instrumen kesadaran diri yang dikembangkan oleh Mehta & Singh (2013), dan instrumen kebutuhan media yang dikembangkan oleh Kustandi & Sutjipto (2011). Pengujian media jurnal refleksi dilakukan melalui uji ahli materi dan uji ahli media. Hasil uji ahli materi didapatkan sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Hasil ini dikatakan sangat layak dengan interpretasi materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi kesadaran diri yang disampaikan lengkap, materi yang dikembangkan menarik untuk diisi oleh peserta didik, dan fungsi dari jurnal refleksi sudah baik. Hasil uji ahli media sebesar 73% dengan kategori layak. Hasil ini dikatakan layak dengan interpretasi ilustrasi yang digunakan sesuai dengan pembahasan materi, bahasa yang digunakan sesuai, tampilan layout menarik, dan tampilan tipografi baik. Oleh sebab itu, hasil dari pengembangan media jurnal refleksi ini dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan dasar. This study aims to develop a media reflection journal on self-awareness. This study uses a design-based research (DBR) model which consists of three stages, namely analysis and exploration, design and construction, and evaluation and reflection. However, this research is still in its early stages of evaluation. This research is carried out at SMP Negeri 40 Jakarta, with a total of 240 students in class VIII. As a sampling approach, it uses non-purposive sampling. The Developmental Task Inventory (ITP), Metha and Singh's (2013) self-awareness instrument, and Kustandi and Sutjipto's (2011) media demands instrument are among the data collection instruments used. The reflection journal media test is carried out through a material expert test and a media expert test. The results of the material expert test are obtained by 86% in the very feasible category. This result is said to be very feasible with the interpretation of the material presented is in line with the learning objectives, the self-awareness material delivered is complete, the material developed is interesting for students to fill out, and the function of the reflection journal is good. The results of the media expert test are 73% with a decent category. This result is claimed to be feasible because illustrations are interpreted in accordance with the material's topic, the language used is suitable, the layout is appealing, and the typography is good. As a result, school counselors can use the findings of the development of this reflection journal media to provide basic services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Meithy Intan R.L., M.Pd. ; 2). Dr. Herdi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14120 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 07:33
Last Modified: 14 Mar 2022 07:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24312

Actions (login required)

View Item View Item