STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI KELOMPOK A DI ERA PANDEMI COVID-19 (PENELITIAN KUALITATIF DESKRIPTIF DI TK AISYIYAH 21 RAWAMANGUN)

DIAN JAWHARAH QALBY, . (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI KELOMPOK A DI ERA PANDEMI COVID-19 (PENELITIAN KUALITATIF DESKRIPTIF DI TK AISYIYAH 21 RAWAMANGUN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Guru Dalam Pembelajaran Literasi Kelompok A di TK Aisyiyah 21 Rawamangun yang merupakan sekolah penggerak dan pembelajarannya dilaksanakan dengan blended learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pada kelompok a di TK Aisyiyah 21 Rawamangun. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran literasi yaitu mengembangkan kemampuan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis dalam bentuk tulisan maupun gambar, mengembangkan budi pekerti yang baik, kemampuan berpikir kritis, berhitung serta memecahkan masalah. Proses kegiatan yang berlangsung pada pembelajaran literasi adalah kegiatan literasi yang terintegrasi ke dalam tema dan pengembangan temanya sudah dalam bentuk proyek tema yang menghasilkan hasil karya. Metode yang digunakan yaitu berceramah, tanya jawab, bernyanyi, bercerita, dan pembiasaan. Media yang digunakan yaitu buku, kartu huruf, kartu kata, pohon literasi, boneka bicara, papan pintar, video youtube, lagu, lembar kerja, alat peraga, dan media yang dibuat oleh guru seperti puzzle pizza, memasang tali, dan lainnya. Materi yang diberikan berdasarkan dengan tema yang sedang berlangsung. Evaluasi dilakukan dengan cara pengamatan pada anak saat pembelajaran berlangsung, menguji anak satu per satu, evaluasi portofolio, dan melihat catatan rekaman pembelajaran. Temuan penelitian tersebut memiliki keunggulan masing-masing pada saat daring maupun luring. *****This study aims to describe the Teacher's Strategy in Learning Literacy Group A at TK Aisyiyah 21 Rawamangun which is a sekolah penggerak and the learning is carried out using blended learning. This study uses a descriptive method in group a in TK Aisyiyah 21 Rawamangun. Data collection procedures were carried out by means of observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data reduction, data display, and data verification. Data checking is done by triangulation. The findings of the research show that the objectives of literacy learning are to develop reading, listening, speaking, and writing skills in the form of writing and pictures, developing good character, critical thinking skills, arithmetic and problem solving. The process of activities that take place in literacy learning are literacy activities that are integrated into the theme and the development of the theme is already in the form of a theme project that produces work. The methods used are lecturing, question and answer, singing, telling stories, and habituation. The media used are books, letter cards, word cards, literacy trees, talking dolls, smart boards, youtube videos, songs, worksheets, props, and media made by teachers such as pizza puzzles, attaching ropes, and others. The material provided is based on the ongoing theme. Evaluation is carried out by observing children during learning, testing children one by one, evaluating portfolios, and viewing learning records. The research findings have their respective advantages online and offline.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Indah Juniasih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 13872 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 09:29
Last Modified: 15 Mar 2022 09:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24522

Actions (login required)

View Item View Item