MUHAMMAD ADIRA ASYARI, . (2022) DINAMIKA PATRON KLIEN PADA USAHA KECIL DI PERKOTAAN (STUDI KASUS PENJAJA PEMPEK KELILING MATRAMAN JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (819kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Adira Asyari, Dinamika Patron Klien pada Usaha Kecil di Perkotaan Studi Kasus Penjaja Pempek Keliling Matraman Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis pola hubungan Patron Klien pada usaha Pempek di Matraman, Jakarta Timur. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis usaha yang dilakukan oleh penjaja untuk menghadapi kehidupan di perkotaan dan menghidupi keluarga di kampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah 5 orang yang terdiri dari satu bos dan empat penjaja pempek. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa sumber seperti foto, artikel dan dokumen yang berkaitan dengan kasus dinamika pada patron klien. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan sejak April 2021 sampai dengan Desember 2021. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di kontrakan yang sebagai tempat tinggal bos dan penjaja yang terletak di di Jalan Kesatrian X RT 11 RW 03 Kelurahan Kebon Manggis Matraman Jakarta Timur. Data dalam penelitian ini kemudian dianalisis secara sosiologis dengan menggunakan teori patron klien dari James Scott. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pertukaran yang terjadi antara bos yang memiliki modal dengan penjaja dalam hubungan mereka saling timbal balik antara bos dan penjaja. Bos memberikan jaminan subtensi dasar berupa pekerjaan sebagai penjaja pempek, jaminan krisis ekonomi berupa pinjaman ekonomi, dan perlindungan berupa tempat tinggal. Sedangkan penjaja memberikan jasa pekerja dasar dan menjadi anggota setia patron. Adanya ikatan sosial di antara penjaja dapat meningkatkan semangat kerja, meminimalisir pengeluaran, dan saling tolong sesama penjaja. Selain itu para penjaja menyisihkan pendapatannya mereka untuk remitansi. Dengan hubungan paton klien antara bos dan penjaja, bos mendapatkan keuntungan dari penjualan pempek dan menciptakan lapangan kerja. Sedangkan penjaja mendapatkan pekerjaan di Jakarta, dapat bertahan hidup, dan dapat mengirim uang ke kampung. Kata Kunci : Patron Klien, Bos, Penjaja ************************** ABSTRACT Muhammad Adira Asyari , Dynamics of Patron Client in Small Business in Urban Areas Case Study of Mobile Pempek Hawker in Matraman, East Jakarta. Thesis, Jakarta: Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2022. This study aims to describe and analyze the pattern of the Client Patron relationship in Pempek's business in Matraman, East Jakarta. In addition, this study also aims to describe and analyze the efforts made by hawker to face life in urban areas and support their families in the village. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data in this study were obtained through in-depth interviews, observation, and documentation. The subjects in the study were 5 people consisting of one boss and four pempek vendors. Secondary data in this study were obtained through several sources such as photos, articles and documents related to the dynamics of the client's patron. Data collection in this study was carried out from April 2021 to December 2021. The location of this research is in a rented house which is the residence of the boss and the vendor located on Jalan Kesatrian X RT 11 RW 03 Kebon Manggis Matraman Village, East Jakarta. The data in this study were then analyzed sociologically using the patron-client theory of James Scott. The results of the study indicate that there is an exchange that occurs between the boss who has capital and the vendor in their reciprocal relationship between the boss and the vendor. The boss provides basic subsistence guarantees in the form of work as pempek vendors, economic crisis guarantees in the form of economic loans, and protection in the form of housing. While hawkers provide basic worker services and become loyal members of the patron. The existence of social ties between vendors can increase morale, minimize expenses, and help each other with fellow hawkers. In addition, the hawkers set aside their income for remittances. With a client-patron relationship between the boss and the vendor, the boss benefits from selling pempek and creating jobs. Meanwhile, hawkers get jobs in Jakarta, can survive, and can send money to the village. Keywords: Patron Client, Boss, Hawker
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Asep Suryana, M.Si ; 2). Abdil Mughis Mudhoffir, PhD |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok Ilmu Sosial > Kewirausahaan |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 13886 not found. |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 05:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 05:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24589 |
Actions (login required)
View Item |