PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUKER DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN TUGU UTARA 17

ZULFA IKA PUTRI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUKER DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN TUGU UTARA 17. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan LUKER (Ludo Keragaman) dalam muatan PPKn dengan materi keberagaman sosial budaya untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan satu ahli media, satu ahli materi, satu ahli bahasa, tiga orang peserta didik kelas V SDN Tugu Utara 17 pada uji coba one to one, dan dua belas orang peserta didik kelas V SDN Tugu Utara 17 pada uji coba small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan permainan ludo ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil uji coba media permainan ludo ini memperoleh nilai sebesar 85% dari ahli media, 92,5% dari ahli materi, dan 87,5% dari ahli bahasa. Hasil uji coba pengguna one to one mendapat nilai rata-rata sebesar 100%, sedangkan untuk uji coba small group mendapat nilai rata-rata 100%. Hal ini menunjukkan, bahwa media permainan LUKER memperoleh nilai sangat baik (SB) sehingga dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran PPKn tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas V sekolah dasar. This research and development aims to develop learning media in the form of the LUKER game (Ludo Keragaman) in PPKn content with socio-cultural diversity material for fifth grade elementary school students. The method used in this research is research and development (R&D) is ADDIE model. This study involved one media expert, one material expert, one linguist, three students on fifth grade at SDN Tugu Utara 17 for one to one trial, and twelve students on fifth grade at SDN Tugu Utara 17 for small group trial. Data collection techniques used in the development of this ludo game are interviews, observations, and questionnaires. The results of this ludo game media trial obtained a score of 85% from media experts, 92.5% from material experts, and 87.5% from linguists. The results of the one-to-one user trial got an average score of 100%, while the small group trial got an average score of 100%. This shows that the LUKER game media obtained a very good score, so that it was declared worthy of being used as a learning media for PPKn theme 8 (lingkungan sahabat kita) for fifth grade elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14369 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:38
Last Modified: 18 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24598

Actions (login required)

View Item View Item