HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 40 JAKARTA

MASTIANI FRIMAIDYA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta pada siswa kelas X semua jurusan, selama Sembilan bulan terhitung sejak bulan Agustus 2016 sampai dengan maret 2017. Dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 40. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 40 Jakarta. populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X SMK Negeri 40 Jakarta sebanyak 171. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling sebanyak 114 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dan Y adalah Ŷ = 55,19 + 0,37X X1 Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,073, sedangkan Ltabel untuk n 114 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,083 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,55 < 1,68 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 50,07 > 3,93 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,556 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 7,076 dan ttabel 1,40 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,556 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,3090 yang menunjukan bahwa 30,90% variabel prestasi belajar ditentukan oleh kecerdasan emosional. Sedangkan, persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dengan Y adalah Ŷ = 52,46 + 0,42 X2 Uji persyaratan analisis yaitu normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan Liliefors menghasilkan Lhitung =0,0806, sedangkan Ltabel untuk n=114 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,083 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel 0,98 < 1,68 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 70,44 > 3,93, sehingga dapat disimpulkan bahwa regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy =0,621 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,393 dan ttabel = 1,40 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,621 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,3861 yang menunjukan bahwa 38,61% variabel prestasi belajar dientukan oleh motivasi belajar. This research was conducted at SMK Negeri 40 Jakarta in X grade students of all majors, during the nine months from August 2016 until March 2017. With the aim of this research is to know the relationship between emotional intelligence and learning motivation with learning achievement in students of class X SMK Country 40. Research method used is survey method with correlational approach, Population in this research is all students of class X SMK Negeri 40 Jakarta. The population is class X class XK SMK Negeri 40 Jakarta as much as 171. Sampling technique used is simple random sampling technique as many as 114 students. The regression equation generated between X1 and Y is Ŷ = 55.19 + 0.37X X1 The test requirement analysis is the test of normality error of regression estimation Y over X1 with Liliefors test yield Lcitung = 0,073, while Ltabel for n 114 at significant level 0,05 Is 0.083 because Lhitung <Ltabel then the estimated error of Y over X1 is normally distributed. The regression linearity test yields Fcount <Ftable that is 1.55 <1.68 so it is concluded that the regression equation is linear. From regression significance test yield Fcount> Ftable that is, 50,07> 3,93 so it can be concluded that regression equation is significant. Coefficient of product moment from pearson resulted rxy = 0,556 subsequently tested significance correlation coefficient by using t test and yielded tcount = 7.076 and ttabel 1.40 Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0,556 is positive and significant. Coefficient of determination obtained by 0.3090 which shows that 30,90% variable of learning achievement determined by emotional intelligence. Meanwhile, the regression equation generated between X2 and Y is Ŷ = 52.46 + 0.42 X2 Test requirement analysis is the normality of regression error Y over X2 with Liliefors yield Lhitung = 0,0806, while Ltabel for n = 114 at significant level 0.05 is 0.083 because Lhitung <Ltabel then the estimated error of Y over X2 is normally distributed. The regression linearity test yields Fcount <Ftabel 0,98 <1,68 so it is concluded that the regression equation is linear. From regression significance test yield Fcount> Ftable is 70,44> 3,93, so it can be concluded that the regression is significant. Coefficient of product moment correlation from pearson resulted rxy = 0,621 subsequently tested significance correlation coefficient by using t test and produced tct = 8,393 and ttable = 1,40 Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0.621 is positive and significant. Coefficient of determination obtained by 0.3861 which shows that 38.61% variable learning achievement is determined by the motivation to learn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurahma Hajat, M.Si 2) Dra. Rochyati, M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:51
Last Modified: 17 Mar 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24745

Actions (login required)

View Item View Item