MAYANG RESTU FEBRIANTY, . (2022) WELLNESS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA JENJANG SMA DAN SMK DI KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dibuat berdasarkan berbagai tantangan dan risiko yang dihadapi guru bimbingan dan konseling yang dapat memicu munculnya permasalahan yang menghambat kesuksesan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah serta kesehatan guru bimbingan dan konseling di masa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran wellness guru bimbingan dan konseling pada jenjang SMA dan SMK di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan melibatkan 93 guru bimbingan dan konseling sebagai responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik incidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah Perceived Wellness Survey yang telah diadaptasi ke bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata wellness guru bimbingan dan konseling pada jenjang SMA dan SMK di Kota Bogor berada pada kategori sedang dengan persentase 77%, pada kategori tinggi 14%, dan pada kategori rendah sebesar 9%. Direkomendasikan untuk guru bimbingan dan konseling dan pemangku kebijakan mengembangkan program yang bersifat preventif dan pengembangan untuk membantu guru bimbingan dan konseling mengembangkan kesehatannya terutama pada dimensi welllness yang paling rendah. This study carries out based on multiple challenges and risk factor faced by guidance and counseling teachers that could trigger the emergence of problems that hinder the success of guidance and counseling services in schools and the wellness of guidance and counseling teachers in the future. This study aims to describe wellness among guidance and counseling teachers in high schools and vocational high schools levels in Bogor. The research method used is a surveyed on 93 guidance and counseling teachers as respondents and the sampling technique used is incidental sampling. Perceived Wellness Survey is adapted to Bahasa to collect guidance and counseling teachers wellness profile. The results showed that the average wellness of guidance and counseling teachers in high schools and vocational high schools levels in Bogor was in the medium category with a percentage of 77%, in the high category 14%, and in the low category by 9%. It is recommended for guidance and counseling teachers and policy makers to develop preventive and developmental programs to help guidance and counseling teachers develop their wellness, especially in the lowest dimensions of wellness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Herdi, M.Pd. ; 2). Dr. Karsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 14299 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 04:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 04:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24829 |
Actions (login required)
View Item |