PENDIDIKAN BERBASIS KOMUNITAS PADA KAUM MISKIN KOTA (Studi Kasus : Komunitas Sastra Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat)

ANGGUN PRETTY, . (2017) PENDIDIKAN BERBASIS KOMUNITAS PADA KAUM MISKIN KOTA (Studi Kasus : Komunitas Sastra Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I pendahuluan - tinjauan pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB I konseptual - selesai.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (82kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan 1.pdf

Download (612kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Tabel Tinjaun Penelitian Sejenis hlm 12.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian mengenai Pendidikan berbasis komunitas yang digagas Komunitas Sastra Kalimalang diperuntukkan bagi anak-anak putus sekolah maupun anak-anak jalanan di daerah Bekasi yang bertujuan untuk memperoleh data mengenai Pendidikan Berbasis Komunitas Pada Kaum Miskin Kota. Penelitian ini menggambarkan bagaimana penerapan pendidikan berbasis komunitas untuk anak- anak putus sekolah maupun anak jalanan yang dilakukan komunitas Sastra Kalimalang dan bagaimana dampak pembelajaran pada Komunitas Sastra Kalimalang. Penulis menggunakan tiga kerangka konsep yaitu konsep Komunitas, konsep Pendidikan Informal dan konsep Kaum Miskin Kota. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di daerah Bekasi Timur dengan waktu penelitian dari Bulan September 2016 hingga Maret 2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta studi kepustakaan dan dokumentasi untuk menjabarkan isi penelitian. Wawancara mendalam penulis lakukan dengan dua orang informan kunci yaitu pendiri komunitas. Wawancara dengan informan lainnya berjumlah tiga orang yaitu pengurus komunitas, pengajar, dan anak putus sekolah maupun anak jalanan. Total informan dan informan kunci dalam penelitian ini yaitu lima orang. Hasil penelitian ini memperlihatkan pendidikan berbasis Komunitas pada kaum miskin kota, sebagai salah satu model penerapan pembelajaran yang memiliki kontribusi yang besar dalam melakukan proses pembelajaran yang membebaskan sebagai peningkatan kualitas pendidikan bagi anak-anak putus sekolah maupun anak jalanan. Metode penerapan pendidikan berbasis komunitas yang digunakan juga merupakan upaya untuk mendukung kondisi anak didik yang diajarkan di dalam Komunitas Sastra Kalimalang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan berbasis komunitas pada kaum miskin kota mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak didik sesuai kondisi kehidupan kesehariannya terkhusus bagi anak-anak putus sekolah maupun anak jalanan dalam pengembangan potensi diri, kreativitas, kemandirian dalam diri anak didik sebagai modal dalam memenuhi kebutuhan hidup di masa yang akan datang. Sekaligus berdampak dalam menerapkan pembelajaran pada komunitas serta refleksi pendidikan berbasis komunitas bagi komunitas SKM maupun anak-anak putus sekolah dan anak jalanan. The research of community based education which was idea from Kalimalang Literary of Community for student drop out or street children in Bekasi to purpose was identify about community based education of the urban poor. This research was identify how application of community based education for student drop out or street children in Kalimalang Literary of Community and how to learning impact in Kalimalang Literary of Community. Writer using three conceptual framework that is Community, Informal Education, and the Urban Poor. The writer using qualitative descriptive apporoach with case study method. The research location in East Bekasi with research time from September 2016 until March 2017. The data technique by observation, interview, literature sudy and documentation study to describe content of the research. The deep interview with two key informant as community’s founder. The other informant with three person as management’s community, volunteer as the teacher, and student drop out or street children. The informant on the research are five person. The result in this study was community based education of the urban poor as one of model learning application which has big contribution to do learning process release to increase of education quality for student drop out or street children. Application method of community based education also to supporting condition effort for student drop out or street children was be taught in Kalimalang Literary of Community. This research to signify that application of community based education of the urban poor can be able increase education quality according to daily student condition especially for student drop out or street children in the development of self potential, creativities, independence in student self as fund life necessities in the future. At a time to be impact in learning application of community also reflectional community based education for Kalimalang Literary of Community student drop out or street children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yuanita Aprilandini, S.Sos, M.Si 2) Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:10
Last Modified: 24 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25234

Actions (login required)

View Item View Item