ANDHINY NOVIYANTI, . (2017) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN KEBON MELATI 02 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB II.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK Indonesia dan Ingris.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (37kB) |
|
Text
COVER FIX.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN DAN DAFTAR TABEL.pdf Download (176kB) |
|
Text
FOTO LEMBAR PENGESAHAN.jpg.pdf Download (274kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2 Materi Pembelajaran SIKLUS I.pdf Download (169kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (121kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (116kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN Kebon Melati 02 Pagi Jakarta Pusat yang berjumlah 35 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaannya terdapat empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner kecerdasan interpersonal, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I persentase peserta didik yang mendapatkan skor kecerdasan interpersonal 80% dari jumlah seluruh peserta didik sudah mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi (rentang 71-100) sebesar 71,43%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dimana peserta didik yang mendapatkan skor kecerdasan interpersonal 80% dari jumlah seluruh peserta didik sudah mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi (rentang 71-100) sebesar 88,57%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan kecerdasan interpersonal peserta didik yaitu sebesar 80% dari jumlah seluruh peserta didik yang mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi (rentang 71-100) telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siklus I mencapai 81,25%. Pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 93,75%. Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebeser 85% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kebon Melati 02 Pagi Jakarta Pusat. Class Action Research aims to improve interpersonal intelligence in learning science through cooperative learning model type jigsaw learning in class V SDN 02 Pagi Kebon Melati, Central Jakarta totaling 35 learners. This classroom action research conducted using models Kemmis and Mc. Taggart. Which in practice there are four stages of research procedures covering planning, action, observation and reflection. Data collection techniques in this study of interpersonal intelligence questionnaire, observation and documentation. Based on the results obtained from the data in the first cycle the percentage of students who earn a score of interpersonal 80% of the total number of learners have reached the category of high and very high (range 71-100) amounted to 71.43%. Then there was an increase in the second cycle in which the learners acquire interpersonal intelligence score of 80% of the total number of learners have reached the category of high and very high (range 71-100) amounted to 88.57%. From these data show that research targets or success criteria for interpersonal learners that is equal to 80% of the total number of learners who achieve high and very high categories (range 71-100) has been reached. The results of the monitoring actions in learning by using learning model cooperative learning jigsaw type in the first cycle reaches 81.25%. In the second cycle an increase reached 93.75%. The data shows that the target of the monitoring measures that sebeser 85% has been reached. Therefore, it can be concluded that the use of cooperative learning model type jigsaw learning can improve interpersonal intelligence on science teaching fifth grade students of SDN 02 Pagi Kebon Melati, Central Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. 2). Dr. Ir. Arita Marini, M.E. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:40 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25259 |
Actions (login required)
View Item |