DEA AYUNINGTYAS, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN CIPINANG MELAYU KECAMATAN MAKASAR JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
5_kATA PENGANTAR.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
1_COVER.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
2_ Lembar Pengesahan.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
3_ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
4_Keaslian Skripsi.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
8_BAB I.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
9_BAB II.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
10_BAB III.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
11_BAB IV.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
12_BAB V.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
7_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
6_DAFTAR_ISI.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
15_DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
14_DAFTAR_TABEL.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
16_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kelurahan Cipinang Melayu dengan sampel siswa kelas IV pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA dengan materi sumber daya alam, kemudian dihitung normalitas data menggunakan Lilliefors dan homogenitas menggunakan fisher. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 2,74, harga ttabel pada taraf signifikan ɑ=0,05 dan dk 62 adalah 1,67. Oleh karena harga thitung lebih besar daripada ttabel (2,74>1,67), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA dengan materi sumber daya alam siswa kelas IV sekolah dasar. ***** The purpose of this research is to learn the influence of an models cooperative learning type make a match to result learn the science about natural resources. This research was implemented at the Public Elementary School In The Cipinang Melayu Village Subdistrict Makasar, East Jakarta, with samples of students at grade IV in the second semester of the elementary school year 2015/2016. Samples are taken using Cluster Random Sampling technic.Data collected by multiple coiche test then calculated normality data using Lilliefors and homogeneity class using fisher. Normality and homogeneity test result indicate that the data is normal and the second homogeneous class. Subsequently analyzed by t test. T-test calculation results, obtained the value of tcount 2.74. Value ttable on significance level ɑ=0.05 and df= 62 is 1.67. Therefore tcount value greater than the ttable (2.74>1.67), the null hypothesis is rejected and accepted working hypothesis. That mean, Models Cooperative Learning Type Make a Match significantly influence To result Learn the Science about Natural Resource on grade IV Elementary School.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Radjagukguk, M.Pd. ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 11:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 06:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |